Di Hadapan Timnas U-20, Jokowi: Saya Sudah Berusaha Sekuat Tenaga

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

2 April 2023 04:56 2 Apr 2023 04:56

Thumbnail Di Hadapan Timnas U-20, Jokowi: Saya Sudah Berusaha Sekuat Tenaga Watermark Ketik
Jokowi berbicara di depan pemain-pemain Timnas U-20 di GBK (1/4). (Foto: BPMI/Kris)

KETIK, JAKARTA Presiden RI Joko Widodo menceritakan upayanya agar Indonesia tetap menggelar Piala Dunia U-20 2023 ke pemain-pemain Timnas Indonesia U-20.

Jokowi menyebutkan perjuangan agar FIFA tetap mempercayai Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 di hadapan pemain-pemain skuad Garuda Muda di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (1/4) sore.

Hanya saja badan sepak bola dunia itu memilih keputusan lain yang membuat Timnas Indonesia U-20 batal mendapat jatah main karena Piala Dunia U-20 2023 dipindah ke negara lain.

"Pertama-tama saya ingin menyampaikan secara langsung di sini karena saya tahu kekecewaan, kesedihan, utamanya dari pemain dan juga tentu saja semuanya untuk tim U-20." ucap Jokowi di hadapan para pemain.

"Saya sudah berusaha sekuat tenaga untuk bisa menyelesaikan masalah yang ada tetapi saya harus menyampaikan apa adanya. Ternyata tidak bisa," kata Jokowi di depan para pemain Timnas U-20 dikutip dari video YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam kunjungan ke SUGBK tersebut, Jokowi juga sempat berbincang dengan pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae Yong mengenai perkembangan tim yang sudah dibentuk dalam waktu lama tersebut.

Jokowi pun mengaku merasa sedih lantaran Indonesia tak ambil bagian dalam turnamen yang dikenal sebagai Piala Dunia junior tersebut. Kendati demikian Jokowi berpesan agar para pemain segera bangkit dari keterpurukan.

"Terima kasih dan tetap semangat, jangan sedih. Saya juga sedih, tetapi saya enggak mau larut," ucap Jokowi.

Setelah bertemu dengan Timnas Indonesia U-20 dan disusul memantau latihan Timnas Indonesia U-22 di tempat yang sama, Jokowi kemudian juga menerangkan kedatangannya untuk memberi semangat ke pemain yang gagal tampil di Piala Dunia U-20.

"Sore hari ini saya hadir di Gelora Bung Karno untuk memberikan semangat kepada Tim U-20 untuk agar mereka tidak larut terus dalam kekecewaan dan kesedihan," terang Jokowi ketika memberikan keterangan pers.

"Dan tadi saya sampaikan bahwa ke depan kita ingin memiliki tim yang dibangun sejak awal secara terus menerus berkepanjangan, sehingga kita bisa mendapatkan sebuah tim nasional yang betul-betul siap," ujarnya.

Timnas Indonesia U-20 pun kemudian dibubarkan oleh Shin Tae Yong. Mayoritas pemain akan dipulangkan ke klub masing-masing, sementara ada tujuh pemain ikut latihan bersama Timnas Indonesia U-22 yang sedang bersiap mengikuti SEA Games 2023.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jokowi U-20 Timnas batal Piala dunia