Deklarasi Damai, Pemkot Kediri Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Ciptakan Pemilu 2024 Aman dan Kondusif

Jurnalis: Isa Anshori
Editor: M. Rifat

26 Januari 2024 02:46 26 Jan 2024 02:46

Thumbnail Deklarasi Damai, Pemkot Kediri Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Ciptakan Pemilu 2024 Aman dan Kondusif Watermark Ketik
Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang ditandatangani seluruh Forkopimda, KPU, Bawaslu, dan FKUB dari berbagai lintas agama, (24/1/2024). (Foto: Humas Pemkot Kediri)

KETIK, KEDIRI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri mengajak seluruh elemen masyarakat agar menjaga Pemilu 2024 dapat terselenggara secara aman dan kondusif.

Hal tersebut disampaikan Asisten Pemerintah dan Kesra, Mandung Sulaksono di depan tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi pemuda, ormas dan perguruan tinggi. 

"Diluar sana banyak isu yang mengatakan suasana sudah mulai memanas jelang Pemilu, namun kita buktikan bahwa suasana tetap nyaman, guyub rukun, damai. Mari kita buat Pemilu di Kota Kediri tetap aman dan kondusif," kata Mandung dalam sambutannya saat menghadiri malam Keakraban PAUB-PK / FKUB Kota Kediri bertempat di Aula Ponpes Wali Barokah, (24/1/2024).

Mandung tak memungkiri di masa-masa mendekati pelaksanaan Pemilu 2024 ini, banyak isu yang dapat memecah belah masyarakat. Untuk itu, ia mengingatkan ada 3 hal yang perlu dilakukan PAUB -PK dan FKUB Kota Kediri untuk menjaga kerukunan di Kota Kediri tetap berjalan dengan baik.

Poin pertama PAUB-PK dan FKUB harus dapat mendeteksi secara dini potensi gangguan yang dapat merusak kerukukan umat beragama. Kedua bersikap proaktif dalam menjaga dan mencegah perpecahan antar elemen bangsa terkait dengan isu-isu agama dalam setiap tahapan pemilu.

"Terakhir dapat menjadi mediasi serta mencari solusi dalam menanggulangi permasalahan yang muncul. Hal itu menjadi langkah-langkah proaktif yang hendaknya dilakukan oleh PAUB-PK dan FKUB Kota Kediri," terangnya.

Selain itu, Mandung juga mengajak seluruh masyarakat agar ikut menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Mari sama-sama gunakan hak untuk menyalurkan aspirasi kita dalam Pemilu 2024 nanti. Kami mengingatkan perbedaan pendapat itu wajar dan tidak perlu diperdebatkan," tutupnya.

Sementara itu, Ketua FKUB Kota Kediri Moh. Salim mengatakan Kota Kediri pada tahun 2022 menjadi Kota paling toleran kelima di Indonesia. Kondisi tersebut tak lepas dari peran seluruh aspek mulai dari Pemerintah, Instansi, Tokoh agama dan masyarakat, ormas, akademisi yang senantiasa bekerja sama menjaga kerukunan antar umat beragama sehingga toleransi di Kota Kediri terjaga dengan baik. 

Salim berharap kerja sama yang telah dijalin dapat terus berjalan dengan baik dan pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Kediri berjalan lancar, aman, kondusif, dan harmonis.

"Semoga bisa membawa hal positif demi keutuhan dan kerukunan NKRI. Mari kita bekerjasama agar Kota Kediri tetap aman, damai, kondusif dan harmonis," ucapnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

deklarasi damai Kota Kediri kediri pemilu damai FKUB Kediri pemilu2024 Pileg2024