Dapur Kotor setelah Lebaran, Gunakan Tips ini Agar Kembali Bersih 

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

25 April 2023 20:30 25 Apr 2023 20:30

Thumbnail Dapur Kotor setelah Lebaran, Gunakan Tips ini Agar Kembali Bersih  Watermark Ketik
Ilustrasi membersihkan dapur. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Saat merayakan momen berlebaran bersama keluarga kita pasti akan menyajikan aneka hidangan spesial. Oleh sebab itu dapur menjadi bagian rumah yang paling sibuk karena harus digunakan untuk memasak berbagai makanan untuk disajikan di atas meja.

Setelah lebaran usai, tentu kita ingin dapur kembali bersih dan rapi seperti sediakala. Dapur yang dibiarkan kotor akan mengundang banyak bibit penyakit dan berakibat buruk pada kesehatan keluarga.

Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan untuk membersihkan dapur pasca lebaran.

1. Membersihkan sampah

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuang sampah sisa bahan makanan yang tidak terpakai. Jangan lupa untuk memisahkan sampah sesuai Jenisnya terlebih dahulu seperti sampah organik anorganik.

2. Mencuci piring

Saat berlebaran tentu kita akan menggunakan banyak piring untuk menyajikan aneka hidangan pada keluarga. Belum lagi hidangan yang disajikan mengandung banyak lemak. Untuk itu kamu kamu bisa merendamnya dengan air sabun dan kulit lemon terlebih dahulu untuk menghilangkan lemak dan bau tidak sedap yang mungkin menempel pada piring.

3. Membersihkan kompor

Kompor merupakan tempat yang paling kotor karena di situlah kegiatan memasak dilakukan. Untuk membersihkan kompor dari kotoran membandel gunakan sabun cuci piring dengan cuka putih dan gosok kompor hingga mengkilap.

Foto Memisahkan sampah.(Foto:Pexels)Memisahkan sampah. (Foto: Pexels)

4. Jangan lupa membersihkan lantai

Saat digunakan untuk memasak aneka sajian lebaran lantai dapur pasti penuh dengan kotoran sisa bahan makanan dan cipratan minyak yang membuatnya menjadi kotor dan lengket. Oleh sebab itu kamu dapat menggunakan cairan pembersih lantai dicampur dengan cuka putih untuk menghilangkan bau tak sedap dan membuat lantai dapur dapat mengkilat kembali.

5. Membersihkan meja makan

Jangan lupakan meja makan yang menjadi tempat kita menyajikan dan menyantap aneka hidangan lebaran. Untuk membersihkannya kamu dapat menggunakan campuran baking soda dan jus lemon dengan air suam kuku sebelum mengelap. Lalu lap menggunakan cairan tersebut sampai bersih.(*)

Tombol Google News

Tags:

memasak Sajian Lebaran makanan berlemak dapur sampah