Daftar Cemilan Jadul Jadi Rekomendasi Suguhan, Pasti Nostalgia

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

9 April 2024 11:00 9 Apr 2024 11:00

Thumbnail Daftar Cemilan Jadul Jadi Rekomendasi Suguhan, Pasti Nostalgia Watermark Ketik
Kue kembang goyang atau kue matahari. (Foto: Pinterest Pisang Susu)

KETIK, SURABAYA – Momen Ramadan selalu menjadi momen yang indah karena bisa berkumpul bersama keluarga sembari menyicipi cemilan jadul.

Cemilan jadul bisa mengembalikan memori-memori masa kecil karena nostalgia karena menikmati kue-kue tersebut.

Berikut 10 cemilan jadul khas anak-anak 1990an.

1. Kecipir
Kue ini memiliki bentuk yang unik, menyerupai buah kecipir (tumbuhan dari famili kacang-kacangan). Kue Kecipir terbuat dari campuran tepung beras, gula, dan santan, yang kemudian dicetak dan digoreng hingga kecoklatan.

2. Kue kembang gula

Kue kembang gula adalah salah satu jajanan tradisional Indonesia yang populer. Kue ini memiliki bentuk mirip dengan kancing dan disajikan dengan  gula berbentuk krim di atasnya.

Kue Kancing Kembang Gula sering menjadi cemilan favorit saat Lebaran atau acara khusus lainnya di Indonesia.

Foto Kue kembang gula. (Foto: Flickr)Kue kembang gula. (Foto: Flickr)

3. Emping

Emping adalah cemilan yang kaya akan rasa gurih dan renyah. Makan emping sambil menonton televisi di sore hari adalah kenangan yang tidak terlupakan.

4. Rengginang

Rengginang adalah cemilan yang terbuat dari beras yang dipadatkan dan kemudian digoreng hingga renyah. Rengginang bisa dibuat dengan tambahan bahan seperti ketela, kacang, atau udang.

5. Kacang tanah rasa bawang goreng

Kacang tanah goreng adalah cemilan yang sangat populer, terutama saat Lebaran. Kacang tanah dibalut dengan tepung terigu atau tepung beras kemudian digoreng hingga garing apalagi ditambah dengan bawang goreng dan garam, semakin menambah cita rasa.

6. Rempeyek

Rempeyek adalah cemilan yang terbuat dari adonan tepung beras atau tepung terigu yang digoreng hingga renyah, biasanya disertai dengan kacang tanah atau udang kecil.

7. Kue Matahari

Kue Matahari adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang memiliki bentuk bulat dan mirip dengan matahari, yang dikenal juga dengan nama kue Matari.

Proses pembuatannya melibatkan pencetakan adonan dengan cetakan khusus yang memberikan motif seperti sinar matahari sebelum kemudian digoreng hingga matang.

8. Kue carang mas

Kue Carang Mas adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang cukup populer, terutama di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Foto Kue carang mas. (Foto: Cookpad)Kue carang mas. (Foto: Cookpad)

Kue ini biasanya digoreng hingga matang dan berwarna keemasan. Kue Carang Mas sering disajikan sebagai cemilan atau oleh-oleh dan memiliki rasa yang manis dan gurih.

9. Kue kacang ijo/koya

Kue Koya Kacang Hijau adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang terbuat dari campuran tepung terigu, gula, santan, dan kacang hijau.

Kue ini memiliki rasa manis dengan aroma khas kacang hijau yang lezat. Biasanya Kue Koya Kacang Hijau disajikan sebagai cemilan atau oleh-oleh.

10. Jipang
Jipang adalah sejenis kudapan tradisional Indonesia yang terbuat dari beras ketan yang dipanggang dan kemudian dimasak dengan gula merah atau gula aren hingga mengeras.

Kudapan ini memiliki tekstur yang renyah dan manis, dan sering disajikan dalam bentuk kerupuk atau potongan-potongan kecil. Semoga bisa menjadi rekomendasi suguhan untuk di Idul Fitri 1444H. (*)

Tombol Google News

Tags:

Ramadan kue jadul camilan jadul nostalgia masa kecil kecipir kue matahari kue kembang gula emping rempeyek jipang Rengginang kacang tanah goreng kue kacang ijo kue koya idul fitri 1444H