Covid-19 Segera Berstatus Endemi, Penanganan Tak Lagi Gratis

Jurnalis: S. Widodo
Editor: M. Rifat

19 Juni 2023 00:39 19 Jun 2023 00:39

Thumbnail Covid-19 Segera Berstatus Endemi, Penanganan Tak Lagi Gratis Watermark Ketik
Presiden Joko Widodo. (Foto: Instagram @jokowi)

KETIK, JAKARTA – Pesiden Jokowi mengatakan dalam satu hingga dua pekan ke depan pemerintah akan menyatakan status endemi untuk Covid-19.

Jokowi juga mengingatkan, apabila sudah terjadi perubahan status dari pandemi menjadi endemi, maka penanganan pasien Covd-19 tidak lagi gratis.

"Ini hati-hati kalau sudah masuk endemi kalau kena Covid-19 bayar," jelas Jokowi. "Saat ini masih ditanggung pemerintah, begitu masuk endemi, maka sakit Covid-19 harus  bayar," tambahnya lagi saat menghadiri acara Barisan Relawan Jokowi di Bogor (18/6/2023).

Presiden asal Solo itu juga mengungkapkan, penanganan Covid-19 adalah pekerjaan terberat selama masa pemerintahannya. Dia menyebut pengumuman secara resmi pergantian status pandemi menjadi endemi itu akan segera diputuskan.

Di lain sisi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah sepakat dengan keputusan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang telah mencabut status darurat Covid-19 pada 5 Mei 2023.

Karena itu, Muhadjir menyebut pemerintah segera mengumumkan transisi pandemi ke endemi Covid-19 di Indonesia.

Setelah ditetapkan menjadi endemi, Muhadjir mengatakan Satgas Penanganan Covid-19 akan dibubarkan. Vaksin Covid-19 juga akan diberikan pemerintah dalam skema pelayanan normal. (*)

Tombol Google News

Tags:

Covid 19 Jokowi Bogor Endemi bayar barisn Relawan Jokowi Presiden