Cicit Pendiri NU Resmi Nahkhodai PWNU Jatim, Ini Profil Gus Kikin

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

5 Agustus 2024 10:30 5 Agt 2024 10:30

Thumbnail Cicit Pendiri NU Resmi Nahkhodai PWNU Jatim, Ini Profil Gus Kikin Watermark Ketik
Potret KH Abdul Hakim Mahfudz. (Foto: NU Online)

KETIK, SURABAYA – KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin resmi terpilih menahkhodai Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim periode 2024-2029.

Gus Kikin terpilih sebagai Ketua PWNU Jawa Timur terbaru usai memperoleh 38 usulan (88 persen) dari peserta sidang. Ia terpilih secara aklamasi dalam Konferensi Wilayah (Konferwil) NU Jatim di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Sabtu (3/8/2024). Berikut profil Gus Kikin.

Profil Gus Kikin
KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin merupakan Pengasuh Pesantren Tebuireng, yang dipercaya untuk meneruskan perjuangan KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah sebagai pengasuh Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Gus Kikin lahir pada Ahad, 17 Agustus 1958, Gus Kikin merupakan putra dari pasangan KH Mahfudz Anwar (Ayah) dan Nyai Hj Abidah Ma'shum (Ibu).

Gus Kikin juga merupakan cicit pendiri NU KH Muhammad Hasyim Asy'ari, ayah dari Abidah Ma’shum. Gus Kikin juga sepupu KH Anwar Manshur, Pengasuh Ponpes Lirboyo selain itu juga Rais PWNU Jatim 2024-2029.

Gus Kikin muda menempuh pendidikan formal di Madrasah Ibtidaiyah Jombang. Kemudian, melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Jombang dan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Jombang.

Pasca itu, ia menempuh kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, serta lulus sarjana Ilmu Komunikasi di Universitas Terbuka.

Di samping itu, Gus Kikin juga menempuh pendidikan non formal di pondok pesantren. Tercatat, ia pernah nyantri di Pondok Pesantren Sunan Ampel Jombang, yang didirikan ayahnya.

Serta, pernah nyantri di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Seblak, Jombang, yang didirikan oleh kakeknya.

Pada tahun 1998, Gus Kikin mendirikan 5 perusahaan yang terletak di Kota. Lalu pada tahun 2000, Gus Kikin membuka kantor di Jakarta. Ia juga diketahui mendirikan beberapa perusahaan lainnya, termasuk Bama Buana Sakti di bidang transportasi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Gus Kikin KH Abdul Hakim Mahfudz Ketua PWNU Jatim NU Jatim Profil Gus Kikin