Cegah Abrasi, Pemerintah Desa Boncong Tuban Bangun Tanggul Laut

Jurnalis: Ahmad Istihar
Editor: Mustopa

23 April 2024 07:51 23 Apr 2024 07:51

Thumbnail Cegah Abrasi, Pemerintah Desa Boncong Tuban Bangun Tanggul Laut Watermark Ketik
Prajurit TNI bersama Pemdes Boncong Bancar saat bangun Tanggul Laut (Foto Ahmad Istihar/Ketik.co.id)

KETIK, TUBAN – Pemerintah Desa Boncong, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur melakukan upaya penanganan abrasi yang menerjang pesisir pantai. Penanganan itu berupa pembangunan dinding menggunakan bus beton sebagai 'Tanggul Laut'.

Kepala Desa Boncong, Dasri mengatakan, abrasi laut di desanya tahun ini termasuk yang terparah. Pemerintah desa berupaya mengalokasikan Anggaran Dana Desa (ADD) guna mencegah kerugian yang lebih besar.

”Pemdes berupaya mengucurkan dana anggaran khusus untuk pembangunan dinding tanggul laut. Pembangunan itu dilakukan secara bertahap dan melalui proses yang cukup sulit," ucapnya, Selasa (23/4/2024).

Pembangunan dinding tanggul laut ini diharapkan dapat menjaga keamanan pemukiman warga pesisir. Sehingga lahan rumah warga dapat terlindungi dari hantaman ombak saat cuaca ekstrem.

Sementara Parlan, warga Desa Boncong mengapresiasi tindakan tersebut. Menurutnya pembangunan tanggul bisa mencegah dari ancaman abrasi dan memberikan rasa aman bagi masyarakat.

"Dengan pembangunan dinding tanggul laut ini sangat membantu melindungi masyarakat dari ancaman abrasi, apalagi saat terjadi cuaca ekstrem. Semoga Pemerintah daerah juga dapat membantu pembangunan ini yang belum terselesaikan," ucap Parlan.

Babinsa Koramil 0811/12 Bancar, Sersan Saka menambahkan, bahwa pembangunan tanggul laut tersebut dapat menjaga keindahan pantai dan bisa menguntungkan para nelayan untuk tambatan perahu.

"Semoga pembangunan ini bisa menjadi pelopor di desa lain yang mana sebagai daerah nelayan pesisir, serta ke depannya dapat menarik wisatawan lokal," pungkas Sersan Raka. (*)

Tombol Google News

Tags:

Abrasi Laut Tuban Desa Boncong Bancar TNI Pemkab Tuban