Cara Memasak Telur Rebus Agar Matang dengan Sempurna

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

21 Januari 2024 00:08 21 Jan 2024 00:08

Thumbnail Cara Memasak Telur Rebus Agar Matang dengan Sempurna Watermark Ketik
Ilustrasi telur rebus. (Foto: pixabay)

KETIK, JAKARTA – Telur rebus merupakan makanan yang cukup banyak digemari, terutama bagi orang yang sedang dalam program diet. Rasanya yang enak dan kandungan nutrisinya yang sehat membuat telur rebus banyak direkomendasikan sebagai makanan sehat.

Cara membuatnya pun tergolong gampang. Anda hanya perlu memasukkan telur ke dalam air mendidih selama beberapa saat, setelah itu diangkat.

Akan tetapi pernahkah Anda mendapati telur rebus yang kulitnya pecah, sehingga membuat tampilan telur menjadi tidak utuh dan mulus. Nah, agar hasil telur rebus bisa mulus sempurna berikut ini tips penting dilansir dari berbagai sumber. 

1. Didihkan air terlebih dahulu

Saat akan merebus telur, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merebus air terlebih dahulu. Perlu menjadi perhatian jangan masukkan telur ke dalam air yang belum mendidih, hal tersebut akan membuat putih telur melekat pada kulit sehingga membuat telur nantinya susah dikupas. 

2. Simpan telur dalam suhu ruang

Jika Anda menyimpan telur di dalam kulkas, ada baiknya sebelum merebus tunggu dulu telur hingga mancapai suhu ruangan. Setelah itu baru rebus di air mendidih.

Hal ini sangat penting karena jika telur masih dingin akan mempengaruhi tekstur telur rebus nanti. Namun jika Anda menyimpan telur di suhu ruang dapat langsung merebusnya tanpa perlu menunggu.

3. Gunakan alat khusus

Saat memasak telur dan memasukkannya ke air mendidih usahakan menggunakan alat khusus seperti sutil berbentuk saringan. Jangan langsung melempar telur ke dalam air panas, hal tersebut dapat menyebabkan telur rentan pecah saat dilempar langsung ke panci.

4. Masukkan ke air es

Setelah telur matang, kemudian angkat dan langsung masukan ke dalam wadah berisi air dingin. Air es akan membantu telur lebih mengeras di bagian dalam, hingga teksturnya lebih sempurna dan akan lebih gampang untuk dikupas. Setelah itu tinggal dikupas kulit telur dengan hati-hati.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan gizi nutrisi telu rebus air mendidih