Canangkan Kampung Merah Putih, Gubernur Khofifah Harap Kolaborasi 3 Pilar Lahirkan Inovasi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

21 September 2023 06:57 21 Sep 2023 06:57

Thumbnail Canangkan Kampung Merah Putih, Gubernur Khofifah Harap Kolaborasi 3 Pilar Lahirkan Inovasi Watermark Ketik
Pencanangan Kampung Merah Putih di Gedung Negara Grahadi, Rabu (20/9/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Dalam mengembangkan pembangunan tingkat desa diperlukan kerja sama dari banyak pihak, salah satunya melalui kolaborasi tiga pilar yakni kepala desa/lurah, babinsa dan babinkamtibmas. Kolaborasi ini diwujudkan melalui pencanangan kampung merah putih oleh Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Rabu (20/9/2022) malam.

Khofifah mengatakan, ketahanan nasional selalu dimulai dari ketahanan keluarga. Oleh sebab itu dengan adanya sinergitas 3 pilar diharapkan dapat mewujudkan ketahanan dan inovasi dalam mengembangkan kesejahteraan bagi masyarakat di desa.

"Jadi kampung terpadu merah putih ini menjadi bagian penting dari warna-warni masyarakat yang beraneka ragam. Ini terkait dengan pentingnya kerukunan dan perdamaian dalam keberagaman," jelas Khofifah saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Rabu (21/9/2023).

Foto Pemberian cinderamata kepada para pemimpin Forkopimda Jatim, Rabu (20/9/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Pemberian cinderamata kepada para pemimpin Forkopimda Jatim, Rabu (20/9/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Khofifah menambahkan, Kampung Merah Putih ini terbentuk dengan mengedepankan kolaborasi antara tiga pilar yang nantinya akan membawa inovasi, Antara lain Inovasi Bela Negara, Inovasi Keamanan Lingkungan, Inovasi Pelayanan Publik, Inovasi Sinergi Antarlembaga, Inovasi-inovasi Partisipasi Masyarakat, Inovasi Komunikasi Publik, Implementasi Program Nasional. 

"Ini merupakan salah satu upaya kita untuk merajut kebersamaan dalam keberagaman yang ada di masyarakat. Terutama antara Forkopimda Jatim dan para stakeholders," tambah Khofifah.

Pencanangan Kampung Merah Putih yang bertepatan dengan Hari Perdamaian Internasional dapat menjadi momentum untuk menjaga kerukunan, terutama saat mendekati tahun politik seperti saat ini.

"Saya rasa Kampung Terpadu Merah Putih yang kita luncurkan bersamaan di tahun politik ini juga akan menjadi bagian dari penguat bahwa berbeda pilihan itu adalah proses demokrasi," pungkas Khofifah.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kampung Merah Putih Gubernur Khofifah Pangdam V Brawijaya Kapolda Jatim Hari Perdamaian Internasional Babinsa Babinkamtibmas