Bupati Situbondo: Harjakasi ke-206 Momentum Kenang Jasa dan Perjuangan Pemimpin Terdahulu

Jurnalis: Heru Hartanto
Editor: M. Rifat

15 Agustus 2024 08:25 15 Agt 2024 08:25

Thumbnail Bupati Situbondo: Harjakasi ke-206 Momentum Kenang Jasa dan Perjuangan Pemimpin Terdahulu Watermark Ketik
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat jadi Pimpin Upacara Harjakasi ke-206 di Alun-Alun Situbondo, Kamis (15/08/2024) (Foto: Heru Hartanto/Ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Bupati Situbondo H. Karna Suswandi dalam sambutannya pada upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke-206 2024 yang berlangsung di Alun-Alun Situbondo mengatakan momentum Harjakasi ke-206 ini untuk mengenang jasa dan perjuangan pemimpin Situbondo terdahulu, Kamis (15/08/2024).

Peringatan Harjakasi ke-206 yang mengusung tema "Situbondo Berjaya Berkelanjutan" diharapkan bisa momentum evalausi terhadap apa yang telah dilakukan dan disumbangkan untuk Kabupaten Situbondo. Khususnya dalam mendorong terciptanya peradaban yang lebih maju.

"Mari kita semua semangat terus mewujudkan masyarakat Situbondo yang lebih berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya berkelanjutan," ucapnya.

Dalam memperingati Harjakasi ke-206ini, Karna melanjutkan, ini juga merupakan salah satu wujud penghargaan terhadap para pendahulu dalam membangun peradaban di Kabupaten Situbondo.

"Termasuk kepada bupati dan wakil bupati sebelumnya yang telah berjasa terhadap pembangunan yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat Situbondo,” terang Bupati Situbondo tersebut.

Bupati Karna juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk turut berkontribusi positif dalam mensejahterakan masyarakat.

“Berbagai macam penghargaan alhamdulillah berhasil kita raih, baik tingkat nasional maupun provinsi," kata Bupati Karna.

Tak hanya itu yang disampaikan Bupati Karna, namun dia juga menyampaikan, apresiasinya kepada para ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, termasuk kepada teman-teman wartawan yang telah membantu dan memberikan kontribusi positif bagi pencapaian pembangunan di Kabupaten Situbondo.

"Situbondo telah mengalami kemajuan cukup signifikan mulai dari aspek fisik maupun sosial budaya, ekonomi dan lingkungan," jelasnya.

"Ini ditandai dengan capaian kinerja Pemkab Situbondo yang semakin baik. Di antaranya Indeks Pembangunan Manusia atau IPM mengalami kenaikan tahun 2022 sebesar 69,76 persen di tahun 2023 naik kembali menjadi 70,65 persen," tutur Bupati Karna.

Sedangakan, lanjut Bupati Situbondo, angka kemiskinan pada tahun 2023 sebesar 11,90 persen, turun pada 2024 menjadi 11,51 persen. Ini sesuai rilis Badan Pusat Statistik Situbondo.

“Mengenai pertumbuhan ekonomi sempat terkontraksi dan terdegradasi minus 2,33 persen akibat pandemi Covid-19, pada tahun 2021,” jelasnya.

Walapun masih masa pandemi Covid-19, kata Bupati Karna, pertumbuhan ekonomi mampu tumbuh positif di angka 3,26 persen dan pada tahun 2022 pertumbuhan ekonomi naik lagi menjadi 4,39 persen.

"Pada tahun 2023 pertumbuhan ekonomi kembali naik di angka 4,9 persen, sehingga ini menjadi indikasi bahwa selama kepemimpinan saya dan Nyai Khoirani pertumbuhan ekonomi di Situbondo terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun," tegas Bupati Situbondo yang akrab di panggil Bung Karna.

Lebih lanjut, Bupati Situbondo menjelaskan, indeks kepuasan layanan infrastruktur pada tahun 2023 ada di angka 83,59 atau kriteria baik.

Hal ini menggambarkan ukuran umpan balik tingkat kepuasan masyarakat atas pembangunan infrastruktur oleh Pemkab Situbondo semakin baik dari aspek ketersediaan fisik, kualitas fisik, kesesuaian dana efektifitas pemanfaatan dana lainnya.

Terkait dengan indeks reformasi birokrasi Pemkab Situbondo pada tahun 2022 di angka 68,83 dan pada tahun 2023 meningkat menjadi 70,14 atau meningkat 1,31 persen.

"Ini menunjukkan nilai kemajuan pelaksanaan program reformasi birokrasi dalam mencapai sasaran, yakni mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel, kapabel serta birokrasi yang mampu memberikan pelayanan publik secara prima," pungkas Bupati Karna. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bupati Situbondo Karna Suswandi Momentum Harjakasi ke-206 untuk Mengenang pemimpin Terdahulu jasa dan Perjuangan Situbondo Berita Situbondo Hari Ini