Bukit Jengkoang Suguhkan Eksotisme Kota Batu Dari Ketinggian

Jurnalis: Sholeh
Editor: Muhammad Faizin

3 Agustus 2023 19:00 3 Agt 2023 19:00

Thumbnail Bukit Jengkoang Suguhkan Eksotisme Kota Batu Dari Ketinggian Watermark Ketik
Potret pemandangan di Bukit Jengkoang Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Sebagai daerah wisata, Kota Batu di Jawa Timur memang kaya akan keindahan alam. Sejuknya alam pegunungan menjadi ciri khas kota yang juga dijuluki Swiss kecil di Pulau Jawa ini.

Salah satunya adalah bukit Jengkoang di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Bukit yang berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut ini menawarkan pemandangan alam yang sangat eksotis.

Hamparan hijau lahan pertanian dipadukan dengan pemandangan kota Batu terlihat jelas dari Bukit Jengkoang. Tak heran, saat ini bukit Jengkoang banyak dikunjungi oleh wisatawan. 

Bukit Jengkoang berjarak 7,2 kilometer dari Alun-Alun Kota Batu atau kurang lebih 18 menit menggunakan kendaraan bermotor. Pengunjung bisa melewati Desa Bumiaji Kota Batu jika hendak ke bukit Jengkoang. 

Untuk masuk ke Bukit Jengkoang tidak dipungut biaya. Hanya saja, pengunjung disarankan menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat berjenis jeep.

Karena pengunjung akan melewati jalan berupa batu atau makadam setelah keluar dari Desa Bumiaji. ada juga beberapa ruas jalan yang masih berupa tanah. Sehingga akan berlumpur jika diguyur hujan.

Sepanjang jalan berbatu ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan kebun jeruk dan jambu. Hamparan hijau kebun tersebut tentu membuat pengunjung tak terasa sedang berkendara naik menuju Bukit Jengkoang. 

Sesampainya di bukit Jengkoang, segala jerih payah pengunjung akan terbayar lunas. Bukan hanya berlatar belakang hamparan kota Batu dilihat dari ketinggian, namun juga banyak spot pertanian yang bagus untuk diabadikan. 

Warga sekitar juga telah mendirikan warung di beberapa ruas bukit Jengkoang. Oleh karena itu, pengunjung bisa menikmati keindahan alam kota batu sambil menikmati sajian kuliner. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Bukit Jengkoang Wisata Alam