Bukan Cuma Wajah, Area Payudara Juga Perlu Pelembab

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

2 Januari 2024 23:30 2 Jan 2024 23:30

Thumbnail Bukan Cuma Wajah, Area Payudara Juga Perlu Pelembab Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Melakukan perawatan kulit merupakan hal yang penting untuk menjaga agar penampilan tetap menarik. Oleh sebab itu tak sedikit wanita rela merogoh kocek untuk membeli produk perawatan kulit.

Namun disatu sisi kebanyakan wanita hanya fokus merawat kulit di bagian wajah saja. Padahal terdapat kulit dibagian tubuh lain yang juga memerlukan perawatan, salah satunya bagian dada dan payudara.

Kulit di dada dan payudara merupakan bagian kulit yang rentan dengan penuaan dini dan dehidrasi. Oleh sebab itu perawatan khusus diperlukan untuk menjaga kelembapan dan kesehatan di bagian payudara sama halnya dengan kulit di bagian wajah.

Dikutip dari Huffington Post, Dermatologist Annette LaCasse dari Michigan, AS, menjelaskan bahwa kulit di sekitar payudara sangat sensitif sehingga rentan terhadap paparan sinar matahari, perubahan hormon dan penuaan.

"Area payudara rentan terkena paparan seperti pakaian ketat, gesekan, dan sinar matahari yang dapat memengaruhi keindahan kulit," jelasnya 

Lebih lanjut karena produksi sebum yang sedikit pada kulit di bagian payudara, membuatnya tipis dan rentan kekeringan, karena tidak adanya pelembab alami. Tidak berhenti sampai disitu kulit payudara juga mengalami banyak perubahan seiring dengan tingkat hormonal dari wanita.

Seperti saat memasuki masa pubertas, menstruasi, kehamilan dan menopause. Hal ini dapat berpengaruh terhadap tekstur dan sensitivitas kulit serta rentan menyebabkan stretch marks.

Oleh sebab itu penting untuk mengaplikasikan pelembab dan sunscreen pada kulit di area payudara. Hal ini untuk merawat kelembapan dan mencegah terjadinya kekeringan dan kulit kendur karena kurangnya kolagen. 

Bagi ibu hamil pemakaian pelembab juga dapat mengurangi tampilan stretch marks di area payudara. Hal ini dipicu oleh faktor perubahan hormon pada ibu hamil yang menyebabkan terjadinya perubahan di beberapa bagian tubuh.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan Perawatan Kulit area payudara dada sensitif pelembab