Buka Rapat Koordinasi Daerah Dekranasda Jatim, Emil Dardak Harapkan Pengembangan Pasar Produk UMKM

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

13 November 2023 12:39 13 Nov 2023 12:39

Thumbnail Buka Rapat Koordinasi Daerah Dekranasda Jatim, Emil Dardak Harapkan Pengembangan Pasar Produk UMKM Watermark Ketik
Emil Dardak saat memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Daerah Dekranasda Jawa Timur. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak membuka langsung rapat koordinasi daerah Dekranasda Jawa Timur tahun 2023 yang diselenggarakan di Hotel Harris Gubeng, Senin (13/11/2023).

Dalam arahannya Emil menyampaikan kepada semua tamu yang hadir untuk melakukan refleksi terkait rencana dan inovasi yang akan dilakukan kedepannya demi mengembangkan produk-produk unggulan Jawa Timur.

Salah satu produk yang dinilai cukup berhasil dikembangkan adalah batik. Jawa Timur dikenal memiliki beragam corak batik yang menarik dan penuh dengan filosofi. 

"Saat ini batik sudah berkembang tidak hanya menjadi busana formal, tetapi juga berkelas yang memiliki nilai eksklusifitas," jelas Emil, Senin (13/11/2023).

Foto Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak saat membuka Rapat Koordinasi daerah Dekranasda Jawa Timur. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak saat membuka Rapat Koordinasi daerah Dekranasda Jawa Timur. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Oleh sebab itu, jika suatu produk sudah dipandang berhasil, maka pangsa pasarnya harus dikembangkan lagi. Apakah akan mengambil segmen atas, tapi tidak boleh melupakan segmen yang sudah ada.

Tentu dalam mengembangkan pasar para pelaku usaha harus jeli melihat kebutuhan yang ada di masyarakat.

"Terkait pengembangan pasar yang sudah ada, apakah ada kendala seperti proses produksi, pendanaan hingga perijinan hal ini juga harus menjadi perhatian," tambahnya.

Lebih lanjut dalam memasarkan produk juga tidak bisa serta merta semua dilakukan digitalisasi. Melainkan harus bertahap dan melihat potensi pasarnya.

Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur ini menuturkan Pemprov Jatim juga telah menyediakan ruang pamer berbagai produk UMKM di pusat perbelanjaan guna memperluas pasar dari produk Dekranasda Jawa Timur.

"Kita juga ada ruang pamer di mall yang upper class. Hal ini untuk memberikan kesan jika produk kita ini berkualitas baik, dan kita masih membuka kesempatan untuk bekerjasama," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

UMKM Dekranasda Jatim Pengembangan Pasar Batik Emil Dardak Pemprov Jatim