BPBD Jatim Fokus Pembenahan 18 Jembatan dan 1 Dam

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

22 April 2024 13:04 22 Apr 2024 13:04

Thumbnail BPBD Jatim Fokus Pembenahan 18 Jembatan dan 1 Dam Watermark Ketik
Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto saat dutemui di rumah Gadisku dari Dinsos Jatim, Senin (22/4/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur fokus pembenahan fasilitas umum yamg rusak akibat banjir bandang yang terjadi di Lumajang. Ada sekitar 18 jembatan, 1 dam, tanggul akan menjadi fokus pembenahan dari Pemprov Jatim.

"Namun kami masih melihat dulu dari 18 jembatan itu 3 yang menggunakan anggaran dari Pemprov Jatim. Sedangkan sisanya akan menggunakan anggaran Kabupaten Lumajang dan BNPB," ucap Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto, Senin (22/4/2024).

Meskipun anggaran ditanggung kabupaten, Gatot mengaku Pemprov Jatim siap membackup jika anggaran tersebut tidak mencukupi. "Kemarin ada instruksi untuk melihat apa cukup tidaknya anggaran kabupaten jika tidak Pj gubernur sudah meminta untuk backup anggaran," bebernya.

Gatot mengaku langkah backup anggaran ini dilakukan agar fasilitas umum seperti jembatan dan lainnya bisa digunakan. "Terlebih yang berpengaruh kepentingan publik harus segera ditangani," ucapnya.

Pemprov Jatim juga melakukan pembenahan dam dan Tanggul. Salah satu dam yang dibenahi yang ada di Mujur Kecamatan Candipuro. "Ini kami masih melihat dulu dari BPWS Brantas apa sudah dianggarkan apa tidak jangan sampai ada dobel anggaran," ucap Gatot.

Dengan proses ini, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono meminta 1,5 bulan untuk segera dijalankan pembenahan. "Ini sejak beberapa hari lalu, maka kurang 5 minggu lagi harus sudah mulai dikerjakan," beber Gatot. (*)

Tombol Google News

Tags:

BPBD Jatim Banjir Bandang Lumajang Lumajang bencana alam lahar dingin