BI Jember Sediakan Rp 1,9 Triliun untuk Penukaran Uang Selama Ramadan, Ini Lokasinya

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

20 Maret 2024 04:20 20 Mar 2024 04:20

Thumbnail BI Jember Sediakan Rp 1,9 Triliun untuk Penukaran Uang Selama Ramadan, Ini Lokasinya Watermark Ketik
Penukaran uang tunai layak edar selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445 H (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Bank Indonesia meluncurkan program penukaran uang pada momen Ramadan dan Idul Fitri 1445 H yang dikemas dalam kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024.

Dalam rangka mendukung program tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember bekerjasama dengan perbankan menyiapkan uang tunai sebesar Rp 1.990.477.000.000,- (satu triliun sembilan ratus sembilan puluh milyar empat ratus tujuh puluh tujuh juta rupiah).

Kepala Perwakilan BI Jember, Gunawan, Selasa (19/3/2024) mengatakan, sejumlah tersebut untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah di masyarakat dalam jumlah nominal yang cukup serta jenis pecahan yang sesuai dan dalam kondisi uang layak edar.

“Sementara jumlah proyeksi kebutuhan uang tunai menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2024 yang telah disampaikan oleh perbankan di wilayah kerja KPwBI Jember sebesar Rp1,96 triliun,” ujar Gunawan.

Tahun ini, masyarakat dapat menukarkan uang dengan nominal paket penukaran Rp 4 juta per paket. Dengan layanan pemenuhan uang layak edar tersebar di wilayah Jember, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, dan Banyuwangi.

Wilayah Jember, layanan penukaran di Alun-alun Jember bersama perbankan direncanakan pada tanggal 2 April 2024. Yang diikuti oleh Bank Indonesia, BRI, Mandiri, BNI, Bank Jatim, BTN, Bank Danamon, BSI, Bank Muamalat dan Bank Jatim Syariah.

Selain itu, kas keliling dalam kota dan luar kota juga digencarkan selama Ramadhan hingga menjelang Idul Fitri. 

Diagendakan sebanyak delapan kali termasuk kas keliling pada area mudik yaitu di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi dan Pelabuhan Jangkar Situbondo pada awal April 2024.

BI juga mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai diantaranya QRIS dan memperluas kepesertaan Bl-FAST. 

Termasuk kanal layanan dan akseptasi masyarakat, serta mendorong penyedia jasa pembayaran guna menghadapi perlengkapan transaksi di bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak dan mencermati ciri-ciri keaslian Uang Rupiah dengan senantiasa menerapkan 3D (dilihat, diraba dan diterawang). Belanja bijak dengan belanja sesuai kebutuhan, belanja produk dalam negeri, dan mengalokasikan dana secara tepat,” tutup Gunawan.

Berikut lokasi dan jadwal layanan penukaran uang tunai di wilayah kerja KPwBI Jember:

  • Situbondo (pasar mimbaan) - 20 Maret 2024
  • Lumajang - 26 Maret 2024
  • Lapangan Rambipuji - 28 Maret 2024
  • ASDP Ketapang Banyuwangi - 1 April 2024
  • Alun-Alun Jember - 2 April 2024
  • Bondowoso - 3 April 2024
  • Pelabuhan Jangkar Situbondo - 4 April 2024

Tombol Google News

Tags:

Penukaran uang KPwBI Jember Sekar Kijang Lokasi jadwal