Bertahan di Atap Mobil, 6 Orang Terseret dan 1 Selamat dari Banjir Bandang OKU

Editor: Bubun Kurniadi

24 Mei 2024 18:55 24 Mei 2024 18:55

Thumbnail Bertahan di Atap Mobil, 6 Orang Terseret dan 1 Selamat dari Banjir Bandang  OKU Watermark Ketik
Tim SAR gabungan tengah mengevakuasi korban banjir bandang (Foto: Humas Basarnas Kota Palembang)

KETIK, PALEMBANG – Banjir bandang yang melanda wilayah Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan dan sekitarnya, Kamis (23/05/24), menyebabkan sejumlah kendaraan terseret arus banjir serta memakan korban jiwa.

Dari informasi yang dihimpun kejadian, berlangsung Kamis dini hari (23/05) sekira pukul 01.00 WIB, yang tepatnya berada di tikungan jalan lintas Sumatra Desa Batang Hari, kondisi debit air sungai mengalami kenaikan dan sudah menggenangi jalan.

Namun, ada dua kendaraan yaitu Dump Truck dan Mobil Travel engkel elf mencoba untuk menerobos genangan banjir. 

Saat menerobos genangan banjir tiba-tiba debit air kembali naik disertai dengan arus yang semakin deras dan material kayu dan pohon besar yang ikut terseret membuat kedua kendaraan tersebut berhenti. 

Melihat debit air yang terus meningkat dua orang penumpang kendaraan mobil dump truk dan satu orang penumpang mobil engkel Elf keluar menerobos air menuju ke arah atap rumah warga. 

Sedangkan enam orang penumpang kendaraan Mobil Elf masih berada di atas atap mobil, karena derasnya arus seketika mobil engkel elf dan 6 orang tersebut ikut terseret arus, namun 1 orang penumpang saat terseret arus berhasil menyelamatkan diri sedangkan lima orang lainnya hilang.

Kepala Basarnas Sumsel, Raymond Konstantin, S.E., langsung merespons dengan menerjunkan 2 Tim Rescuenya yang berjumlah 14 orang dan dipimpin langsung Kasubsi Operasi Basarnas Sumsel Manca Rahwanto, S.E., dengan membawa peralatan lengkap untuk berangkat menuju lokasi kejadian guna melakukan proses pencarian terhadap korban. 

Dalam proses pencarian Basarnas Sumsel selain mengkoordinir seluruh Unsur SAR gabungan yang terdiri dari BASARNAS, TNI/Polri, BPBD OKU, Pemda setempat serta unsur potensi SAR lainnya juga melakukan pembagian SRU (SAR Unit) dan pemetaan wilayah pencarian untuk masing-masing SRU.

“Saat ini kita Sudah Berhasil menemukan dua orang dari keempat orang korban hilang tersebut. Korban kita temukan sekitar pukul 11.20 WIB dalam keadaan meninggal dunia dengan jenis kelamin Perempuan, posisi korban kita temukan didarat berada disela-sela tumpukan kayu tepatnya didesa suka merindu kecamatan Semidang Aji atau sekitar radius 7,7 Km dari lokasi awal kejadian,"jelasnya

Kemudian, sore ini Jumat (24/05/2024) sekitar pukul 17.45 WIB tim SAR gabungan kembali menemukan satu orang korban lagi atas nama Naslaini binti kuing 58 tahun dengan jenis kelamin perempuan korban ditemukan berada didarat pinggir sungai dengan posisi terjepit pada tumpukan ranting dan kayu dalam keadaan meninggal dunia, tepatnya di desa keban agung kec. semidang aji atau sekitar radius 14 Km dari lokasi awal kejadian

Selanjutnya korban dievakuasi dan dibawa ke polsek Semidang Aji guna dilakukan proses lebih lanjut dan untuk identitas korban sampai saat ini masih didalami oleh pihak kepolisian.

"Tersisa dua orang korban lagi yang belum ditemukan, Tim SAR gabungan masih terus melakukan upaya pencarian semoga ketiganya dapat segera ditemukan,"ungkap Raymond

Adapun identitas penumpang kendaraan yang selamat, meninggal dunia dan hilang yaitu, (Sumber: Polsek Semidang Aji)

Korban Selamat:

1. Nama: Ranto Pardede Bin P. Pardede (Sopir dump truk) 

Umur: 33 tahun

Alamat: Desa Baru Manis Kab. Rejang Lebong Prov. Bengkulu

 

2. Nama: Iwan Bin Juair (Sopir dump truk) 

Pekerjaan: Sopir

Umur: 34 tahun

Alamat: Desa F. Trikoyo Kec. Tugu Mulyo Kab. Lubuk Linggau

 

3. Nama: Erwansyah (Penumpang Travel Engkel Elf)

Perkerjaan: Petani

Umur: 39 tahun

Alamat: Desa Rambang Jaya Kec. Balmbangan Umpu Semengum Kab. Way Kanan

 

4. Nama: Sukurman Bin Den Hadi (Penumpang Travel Engkel Elf)

Pekerjaan: Tani

Umur: 60 tahun

Alamat: Kampung Dwikora Kec. Bukit Kemuning Kab. Lampung Utara

 

Korban Meninggal Dunia:

1. Nama: Hajifa (cucu Sukurman/Penumpang Travel Engkel Elf)

Pekerjaan: Pelajar

Umur: 7 tahun

Alamat: Kampung Dwikora Kec. Bukit Kemuning Kab. Lampung Utara

 

Korban Hilang belum diketemukan:

1. Nama: Hartati binti Nano (Penumpang Travel Engkel Elf)

Pekerjaan: Tani

Umur: 60 tahun

Alamat: Kampung Dwikora Kec. Bukit Kemuning Kab. Lampung Utara 

 

2. Nama: - (Penumpang Travel Engkel Elf)

Pekerjaan: -

Umur: -

Alamat: -

 

3. Nama: - (Sopir Travel Engkel Elf)

Pekerjaan: -

Umur: -

Alamat: - 

 

4. Nama: - (Kernet Travel Engkel Elf)

Pekerjaan: -

Umur: -

Alamat: -   (*)

 

 

Tombol Google News

Tags:

Banjir bandang oku Basarnas Palembang