Bentuk Solidaritas, Muhammadiyah Gelar Salat Gaib untuk Ismail Haniyeh

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

2 Agustus 2024 10:10 2 Agt 2024 10:10

Thumbnail Bentuk Solidaritas, Muhammadiyah Gelar Salat Gaib untuk Ismail Haniyeh Watermark Ketik
Suasana salat ghaib yang digelar oleh kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sebagai bentuk solidaritas atas meninggalnya pimpinan Hamas Ismail Haniyeh, kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya menggelar salat Gaib pada Jumat (2/8/2024).

Digelar setelah salat Jumat, salat gaib diikuti puluhan jemaah. Dilakukan dengan empat takbir, salat Gaib tersebut berlangsung dengan khusyuk dan khidmat.

Fajrul Islam dari Majelis Tarjih Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya mengatakan salat Gaib ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap tokoh pimpinan Hamas Ismail Haniyeh dalam memperjuangkan kemerdekaan bagi bangsa Palestina.

"Sebagai sesama umat muslim kami ingin memberikan penghormatan kepada tokoh bangsa Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsanya," jelas Fajrul, Jumat (2/8/2024).

"Karena terpisah jarak yang jauh jadi kita laksanakan salat Gaib. Walaupun kami yakin di sana juga sudah disalatkan," imbuhnya.

Sebagai bangsa yang melarang bentuk penjajahan, Indonesia selalu konsisten untuk mendukung Palestina dalam merebut kembali kemerdekaannya. Muhammadiyah memandang Ismail Haniyeh sebagai tokoh pejuang Palestina yang berjasa besar bagi bangsanya.

"Kami memandang Ismail Haniyeh sebagai tokoh pejuang yang luar biasa bagi Palestina, dan dulu kita juga pernah senasib dengan Palestina," tambahnya.

"Kita memahami rasanya penderitaan yang dirasakan bangsa Palestina. Dan hal ini adalah bentuk dukungan kita," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Solidaritas Palestina Hamas Ismail Haniyeh Muhammadiyah Salat Ghaib