Bedah Buku Kesehatan Mental, BI Jember Kampanye Pentingnya Produktivitas Kerja

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Naufal Ardiansyah

23 Mei 2023 05:45 23 Mei 2023 05:45

Thumbnail Bedah Buku Kesehatan Mental, BI Jember Kampanye Pentingnya Produktivitas Kerja Watermark Ketik
Bedah Buku "Happy Therapy Book" untuk meningkatkan pemahaman kesehatan mental di dunia kerja, Senin (22/5/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jember menggelar World Book and Copyright Day 2023 dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei.

Kegiatan ini diselenggarakan pada Senin (22/5/2023) sore di Gedung Serbaguna KPwBI Jember dengan tema Kesehatan Mental Mendukung Produktivitas Kerja Melalui Bedah Buku “Happy Therapy Book”.

Bedah buku Happy Therapy Book ini mendatangkan pembicara utama, Tara De Thouars, seorang psikolog sekaligus penulis buku tentang kesehatan mental.

Deputi KPwBI Jember, Andhi Wahyu Riyadno, menyampaikan bahwa acara bedah buku ini sejalan dengan program yang sedang dijalankan Bank Indonesia. 

“Dimana kita mencoba untuk menjaga kesehatan mental terutama di saat bekerja. Karena sangat mempengaruhi produktivitas dan kinerja,” ucap Andhi.

Ia memaparkan menurut beberapa penelitian bahwa kesehatan mental yang buruk dapat berpengaruh secara signifikan dalam dunia kerja. 

Foto Pembicara utama, Tara De Thouars (Foto: Nias7 for Ketik.co.id)Pembicara utama, Tara De Thouars (Foto: Nias7 for Ketik.co.id)

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa pekerja dengan kesehatan mental yang buruk memiliki tingkat ketidakhadiran 5 persen lebih tinggi. 

Serta memiliki produktivitas yang menurun 6 kali lipat dibandingkan dengan pegawai yang memiliki kesehatan mental yang bagus.

“Depresi disorder merupakan gangguan mental yang paling sering dialami oleh pegawai di tempat kerja dibandingkan dengan kesehatan mental yang lain,” imbuh pria berkacamata itu.

ia berharap dengan adanya kegiatan bedah buku mengenai kesehatan mental yang dibahas langsung oleh tenaga profesional dapat menambah pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan mental.

“Harapan ke depannya agar kita bersama dapat menjaga dan menciptakan kesehatan mental di tempat kerja serta membangun tempat kerja yang positif,” tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Hari Buku Nasional Happy Therapy Book KPwBI Jember Tara De Thouars BI Jember Bank Indonesia