Beberapa Kebiasaan yang Tanpa Disadari Menimbulkan Rambut Beruban

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

6 Januari 2024 06:24 6 Jan 2024 06:24

Thumbnail Beberapa Kebiasaan yang Tanpa Disadari Menimbulkan Rambut Beruban Watermark Ketik
Ilustrasi rambut uban. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Timbulnya rambut beruban seringkali dikaitkan dengan proses penuaan dan usia tua. Padahal hal tersebut belum tentu demikian. Banyak anak muda atau bahkan yang masih masuk kategori remaja yang sudah memiliki uban di rambut.

Timbulnya uban sendiri di pengaruhi oleh zat pemberi warna rambut atau biasa disebut melanin. Kadar melanin yang berubah seiring bertambahnya waktu, ini bisa berpengaruh pada kemunculan atau tumbuhnya uban. 

Selain karema faktor genetik, terdapat faktor lain yang mempercepat timbulnya rambut beruban. Salah satunya karena kebiasaan yang sering kita lakukan, Sayangnya, kebiasaan ini kerap kita lakukan tanpa kita sadari dapat mempercepat datangnya uban. Berikut ulasannya.

1. Paparan sinar matahari

Kebiasaan berada di bawah terik matahari tanpa kita sadari ternyata dapat mempercepat timbulnya uban di kepala. Sinar matahari mengandung sinar UV yang tidak hanya buruk bagi kesehatan kulit tetapi juga bagi kulit kepala.

Paparan sinar matahari langsung akan meningkatkan masalah rambut beruban lebih cepat dari yang kamu bayangkan sebelumnya.

 

2. Jarang membersihkan rambut

Ternyata jarang membersihkan rambut juga menyebabkan timbulnya uban lebih cepat. Rambut yang kotor kerap menyebabkan masalah lain seperti rambut kering, bercabang bahkan rapuh. Oleh sebab itu bersihkan rambut dengan teratur minimal 2 hari sekali.

 

3. Stres

Stres rupanya juga mempengaruhi timbulnya uban di kepala. Hal ini karena saat stres akan terjadi ketidak seimbangan hormon tubuh. Orang yang sering mengalami stress tidak hanya rentan mengalami pertumbuhan uban, tetapi juga beresiko mengalami penuaan dini.

 

4. Sering mengganti merk shampoo

Shampoo sebenarnya sangat baik untuk membersihkan rambut. Namun seperti kita tahu jika shampoo mengandung banyak zat kimia yang beresiko meningkatkan timbulnya rambut beruban. Oleh sebab itu sebaiknya pakailah shampoo yang benar benar cocok dengan kulit kepalamu dan jika bisa usahakan pilih shampoo yang memiliki kandungan kimia seminimal mungkin.(*)

Tombol Google News

Tags:

Rambut uban penuaan dini genetik shampoo Kebiasaan gaya hidup