Basarnas Surabaya Terjunkan KN SAR 249 Permadi untuk cari KM Baruna Jaya Raya

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

3 Maret 2023 10:39 3 Mar 2023 10:39

Thumbnail Basarnas Surabaya Terjunkan KN SAR 249 Permadi untuk cari KM Baruna Jaya Raya Watermark Ketik
KN SAR 249 Permadi akan mencari keberadaan KM Baruna Jaya Raya yang hilang kontak di Pulau Sapeken. (Foto : Humas Basarnas Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Basarnas Surabaya menerjunkan KN (Kapal Negara) SAR 249 Pemadi, pada Jumat (3/3/2023) pukul 15.30 WIB bertolak dari dermaga Distrik Navigasi, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju ke perairan laut Sumenep. Ini dilakukan untuk mencari keberadaan KM (Kapal Motor) Baruna Jaya Raya yang hilang kontak saat berlayar di sekitar perairan laut pulau Sapeken.

Kepala Kantor SAR Surabaya, Muhammad Hariyadi mengatakan setelah SAR Surabaya menerjunkan KN SAR 249 Permadi untuk mencari keberadaan KM Baruna Jaya dengan 5 orang ABK.

Menurut keterangan yang diperoleh dari pihak agen kapal, KM Baruna Jaya Raya bertolak dari pelabuhan pantai Boom, Kabupaten Banyuwangi, pada Rabu (1/3/2023) sekitar pukul 16.00 WIB.

"Dengan informasi ini kami akan mencari keberadaan KM Baruna Jaya Raya serta lima kru yang sampai saat ini belum ditemukan," ungkapnya, Jumat (3/3/2023).

Dari data yang didapatkan lima identitas Anak Buah Kapal (ABK) yaitu Subhan Husaini (45) posisi sebagai Nahkoda, Farid Sugianto (28), Hairul (21), Talid Daen Malanti (35) dan Isak (40). Kelimanya ABK tersebut merupakan warga Desa Sapeken.

Setibanya di Sapeken Kantor SAR Surabaya juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memapelkan informasi kejadian KM Baruna Jaya Raya yang mengalami hilang kontak.

“Melalui upaya pemapelan ini, nantinya diharapkan bisa memaksimalkan upaya pencarian. Dan jika ada yang melihat keberadaan KM Baruna Jaya Raya, maka diharapkan untuk memberikan bantuan evakuasi,” ujar Hariyadi.

Selain tim Kantor SAR Surabaya, sejumlah pihak juga ikut dalam upaya pencarian KM Baruna Jaya Raya ini, diantaranya dari SROP Surabaya, VTS Surabaya, Syahbandar Kalianget, Satpolairud Kalianget dan potensi SAR lainnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Basarnas KM Baruna Jaya Kapal Hilang Basarnas Surabaya SAR Surabaya