Banyaknya Potensi Bahaya pada Anak, Ini yang Harus Dilakukan untuk Menghindarinya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

13 Mei 2024 12:00 13 Mei 2024 12:00

Thumbnail Banyaknya Potensi Bahaya pada Anak, Ini yang Harus Dilakukan untuk Menghindarinya Watermark Ketik
Perusahaan Nawakara saat memberikan edukasi pengenalan potensi bahaya pada anak. (Foto: Nawakara)

KETIK, JAKARTA – Saat ini ancaman bagi anak-anak dapat mengintai di berbagai tempat, tak terkecuali di rumah dan sekolah. Bahkan bahaya pun bisa datang dari orang terdekat. 

Karena itu, penting bagi orang tua atau guru untuk memberikan edukasi kepada anak atau membekali mereka dengan pengetahuan dasar tentang cara menjaga keamanan diri dan mengenali potensi bahaya di sekitar mereka.

Head of Corporate Secretary Nawakara, Chiquita Paramita Hindarto mengatakan keamanan anak-anak harus menjadi prioritas bagi masyarakat setempat. Oleh sebab itu pendidikan terkait keselamatan dan keamanan penting utnuk diajarkan kepada anak- anak.

Sebagai perusahaan keamanan, Nawakara mengambil inisiatif dengan memberikan sosialisasi kepada para siswa bagaimana mengenali potensi bahaya di lingkungan mereka. 

Kegiatan ini dilaksanakan di 7 sekolah dasar yang tersebar di beberapa kota di Indonesia di antaranya Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hidayah, Tangerang, Banten, SDN Kalihurip 01, Karawang, Jawa Barat, SDN Nambo 02, Bogor, Jawa Barat, SDN Pacar Keling V, Surabaya, Jawa Timur, SD Cendana Rumbai, Pekanbaru, Riau, SDN 006 Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur, dan SD Negeri Inpres Maccini, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kami berkomitmen menghadirkan pendidikan keselamatan lewat penyajian materi yang mudah dipahami, di mana fokus pada bagaimana anak-anak bisa tetap aman di rumah, di sekolah, dan di lingkungan terdekat," jelas Chiquita, Senin (13/5/2024).

"Lewat edukasi yang diberikan, kami berharap bisa memberikan dampak positif yang berkelanjutan dalam kehidupan mereka sehari-hari," imbuhnya.

Pihaknya juga mengimbau agar anak-anak selalu berbicara jujur dan terbuka kepada orang tua dan guru. Jangan ragu untuk memanggil orang dewasa jika ada hal yang mengganjal.

"Sangat penting bagi mereka untuk mulai berani mengatakan ‘tidak’ saat merasa tidak nyaman dengan situasi tertentu,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, aspek keamanan yang dibagikan bagi anak-anak antara lain:

1. Lingkungan Rumah

Sebagai tempat utama untuk tinggal, anak-anak diimbau agar jangan bercerita jika berada di dalam rumah sendirian pada orang yang tidak dikenal. Hal ini tentu akan membahayakan keselamatannya. Selain itu, mereka tidak boleh membuka pintu pada orang yang tidak dikenal. 

2. Di Luar Rumah

Dengan banyaknya orang asing, sebisa mungkin anak-anak menghindari berbicara dengan orang yang tidak dikenal. Saat ada orang tidak dikenal, lebih baik mereka hanya memberikan senyuman dan segera pergi. Anak-anak juga penting untuk menolak tawaran dari orang tidak dikenal, baik itu makanan, mainan, dan lainnya. 

3. Keamanan Sekolah

Meskipun sekolah menjadi tempat mengemban pendidikan, tak jarang anak-anak mendapatkan perilaku yang tidak menyenangkan, salah satunya dari teman-temannya.

Karena itu, penting bagi mereka mengindari dan melaporkan jika ada kasus bullying. Jangan lupa juga bagi anak-anak untuk selalu mendengarkan guru saat guru  sedang menjelaskan. 

4. Keamanan Berinternet

Sebagai pintu masuk berbagai informasi, sangat penting bagi anak-anak untuk mendapatkan perhatian khusus di ranah internet. 

Karena itu, penting untuk mengimbau anak-anak agar mereka dapat gunakan gadget secukupnya. Mereka juga dihimbau untuk memainkan game sesuai dengan usia.(*)

Tombol Google News

Tags:

Edukasi potensi bahaya Anak anak Nawakara