Bangun Jaringan UMKM Internasional, Pemprov Gelar Jatim Fair 2022

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Millah Irodah

8 Oktober 2022 05:40 8 Okt 2022 05:40

Thumbnail Bangun Jaringan UMKM Internasional, Pemprov Gelar Jatim Fair 2022 Watermark Ketik
Potret Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat membuka Jatim Fair 2022. (Foto: dok.Ketik)

KETIK, SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) berupaya terus menggeliatkan UMKM apalagi setelah pandemi Covid-19, salah satu cara untuk meningkatkan daya beli masyarakat dengan menggelar Jatim Fair 2022. 

Jatim Fair 2022 digelar pada 7 sampai 13 Oktober 2022, sebanyak 281 stand se-Jawa Timur memenuhi Convention Hal Grand City Surabaya, stand tersebut terdiri dari OPD Pemprov Jatim, kabupaten/kota, BUMN,BUMD hingga UMKM swasta juga ada beberapa stand dari luar Jawa Timur. 

Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap dengan adanya pagelaran Jatim Fair 2022 para UMKM tidak hanya menembus pasar nasional juga sampai ke internasional. 

"Semoga lewat ajang ini muncul lebih banyak enterpreneur muda yang mampu menembus pasar-pasar baru, termasuk pasar ekspor dengan membawa produk lokal," ungkap Khofifah saat membuka Jatim Fair. 

Gubernur Khofifah menjelaskan semangat sinergitas kolaborasi harus terus dipupuk bukan hanya di wilayah Jawa Timur tetapi juga di luar dari daerah lain. 

"Kita terus membangun semangat sinergitas dan kolaborasi untuk menguatkan UMKM kita, tidak hanya pelaku usaha di Jatim tapi juga berbagai daerah lain," ungkapnya. 

Menurut Gubernur Jawa Timur, Jatim Fair tidak hanya sebagai pameran tetapi juga misi dagang yang meningkatkan transaksi tidak hanya selama pameran. 

Menurutnya, sektor UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian di Jawa Timur. Kontribusi nilai tambah Koperasi UMKM terhadap produk domestik regional (PDRB) Jawa Timur pada tahun 2021 mencapai 57,81 persen, meningkat sebesar 0,56 persen dibanding tahun 2020. 

"Jejaring pelaku UMKM Jawa Timur akan semakin bertambah luas. Koneksi yang terbangun ini tentu akan berujung pada transaksi perdagangan. Ajang ini juga menjadi sarana tolak ukur kekuatan daya saing produk yang dipamerkan,” tuturnya.

Menurut Khofifah, di tahun mendatang ia berharap Jatim Fair dapat dilaksanakan di tempat yang lebih luas dan waktu yang lebih lama. Tidak hanya tujuh hari seperti saat ini. 

"Kalau bisa tahun depan bisa diselenggarakan lebih lama dan di tempat lebih luas lagi, saya yakin transaksi perdagangan yang dicapai akan lebih besar, dan tentunya ekonomi kita menjadi lebih kuat lagi,” terangnya.

Acara Jatim Fair 2022 selain bisa dikunjungi secara offline, masyarakat juga bisa berbelanja produk yang dipamerkan di Jatim Fair 2022 ini melalui marketplace yaitu Tokopedia.

Tombol Google News

Tags:

Pemprov Jatim UMKM Gubernur Jawa Timur Gubernur jatim Jatim Fair 2022 Khofifah