Bahaya Fenomena Barcode Korea, Polres Malang Imbau Orang Tua Aktif Awasi Anak

Jurnalis: Gumilang
Editor: Muhammad Faizin

14 November 2023 09:26 14 Nov 2023 09:26

Thumbnail Bahaya Fenomena Barcode Korea, Polres Malang Imbau Orang Tua Aktif Awasi Anak Watermark Ketik
Kasih Humas Polres Malang Iptu A Taufik. (Foto : Humas Polres Malang).

KETIK, MALANG – Polres Malang menyoroti fenomena Barcode Korea yang mengkhawatirkan. Sejumlah pelajar sekolah disebut terlibat dalam aksi menyakiti diri dengan membuat tanda barcode di pergelangan tangan mereka, demi mengikuti tren ini.

Fenomena ini, menjadi tren di kalangan pelajar yang terinspirasi dari aplikasi jejaring sosial TikTok. Kasi Humas Polres Malang, Iptu Ahmad Taufik, mengungkapkan bahwa fenomena ini bukanlah sekadar tren biasa.

Melainkan aksi yang melibatkan penggunaan benda tajam seperti cutter, silet, bahkan jarum suntik untuk membuat garis-garis seperti barcode di pergelangan tangan. Ia menjelaskan bahwa tindakan tersebut dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental pelajar yang terlibat.

"Fenomena Barcode ini dapat menjadi tanda bahwa anak-anak tersebut sedang mengalami masalah mental dan emosional yang mendorong mereka untuk melakukan tindakan menyakiti diri sendiri," kata Iptu Ahmad Taufik ketika dikonfirmasi Selasa (14/11/2023).

Tren ini, lanjutnya, disebut sebagai "TikTok Barcode Korea" oleh sejumlah kalangan di media sosial. Pihaknya mendapati bahwa aksi ini bukan hanya sekadar tren, tetapi juga berakar pada tekanan psikologis yang dialami pelajar, seperti rasa takut, kecemasan dan kesedihan.

Pihaknya berencana untuk menggelar sosialisasi dan edukasi di berbagai sekolah di Kabupaten Malang untuk meningkatkan kesadaran dan mencegah penyebaran fenomena Barcode Korea ini di kalangan pelajar. Semua pihak diharapkan dapat bersama-sama berperan dalam melindungi kesehatan dan kesejahteraan mental generasi muda.

“Fenomena seperti ini sangat mengkhawatirkan, terlebih jika tidak segera ditangani dengan serius, bisa menjadi permasalahan kesehatan mental yang lebih besar di kalangan pelajar,” terangnya.

Ia menekankan pentingnya peran orang tua dan guru dalam mencegah serta menanggulangi fenomena ini. Ia juga mengajak orang tua dan wali murid untuk meningkatkan pengawasan terhadap anak-anaknya di rumah. Sementara para guru di lingkungan sekolah diharapkan dapat memberikan perhatian ekstra terhadap perilaku pelajar.

“Tidak hanya memberikan pendidikan formal, namun para guru juga harus peka terhadap perubahan perilaku anak-anak mereka. Dengan kerjasama yang baik antara keluarga dan sekolah, kita dapat mencegah dampak negatif yang lebih lanjut dari tren berbahaya ini," tegasnya

Polres Malang secara tegas mengimbau masyarakat untuk bersama-sama melakukan langkah-langkah pencegahan dan intervensi guna melindungi kesejahteraan mental dan fisik anak-anak di sekolah.

Fenomena Barcode Korea diharapkan dapat diatasi dengan kerjasama semua pihak demi menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dan mendukung pertumbuhan positif para generasi muda. (*)

Tombol Google News

Tags:

Polres Malang Fenomena Barcode Korea Barcode Korea Kabupaten Malang TikTok