Ayo Booster Ke-2 Sudah Dimulai

Jurnalis: Kuncoro S.
Editor: Rudi

24 Januari 2023 10:30 24 Jan 2023 10:30

Thumbnail Ayo Booster Ke-2 Sudah Dimulai Watermark Ketik
Vaksin Booster kedua sudah dimulai. (Foto: Istimewa)

KETIK, SURABAYA – Pandemi Covid-19 di Jawa Timur sudah mereda. Namun pemerintah masih tetap memperhatikan kesehatan masyarakat di provinsi ini. Beberapa bulan lalu mayarakat telah diminta untuk vaksin Booster 1. 

Vaksin Booster yang pertama diadakan di tiap-tiap kecamatan. Bahkan di tempat keramaian sudah tersedia vaksin Boster bagi yang memerlukan. 

Meski vaksin Booster sudah pada tahap kedua, pakai masker, hindari kerumanan masih dipatuhi sebagian masyarakat, khususnya di kota besar, seperti Surabaya.

Sholat berjamaah di masjid jarak antara jamaah yang satu sudah bisa merapat. Pemberlakuan jaga jarak pun sudah tidak terlihat lagi. Namun masih banyak jamaah yang masih menggunakan masker. 

Sudah terbiasa pakai masker. Demi menjaga kesehatan sendiri, kata Pak Biono, pria berusia 73 tahun. Dia adalah salah satu jamaah masjid di daerah Tandes.

Sumber di Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya telah mempersiapkan vaksin Booster tahap kedua. Bagi warga masayakar yang berusia 18 tahun ke atas bisa vaksin Booster datang ke Puskesmas terdekat. Tidak hanya di Puskesmas vaksin ini juga disediakan di Balai RW. Hal ini sesuai dengan pengumuman ketua RW setempat. 

Saat ini Dinkes Surabaya sudah mempersiapkan vaksin Booster kedua khusus bagi lansia. Seperti di Puskesmas Kebonsari, stok vaksin Booster kedua cukup, khususnya untuk melayani para lansia. Di Puskes sini masih cukup untuk 100 orang khusus vaksin Freser, kata sumber di Puskesmas Kebonsari. 

Apakah vaksin Booster kedua tersebut secara serentak ? Menurut petugas Pusksemas Kebonsari teknis pelaksanaannya tidak bersamaan. Tiap wilayah kerja Puskesmas dalam pemberikan vaksin Booster ini tidak sama. Vaksin bisa dilaksanakan di Balai RW, Kantor Kelurahan dan Puskesmas terdekat. 

Lain lagi dengan Puskesmas Wonokromo. Dalam vaksinasi ini di Puskesmas ini mengadakan kerja sama lintas sektor. Bisa juga di Kantor Kecamatan dan Kelurahan. Tidak menutup kemungkinan vaksin Booster kedua ini dilaksanakan di tempat perbelanjaan.  

Sumber di Dinkes Surabaya meyebutkan, persediaan vaksin Booster kedua tersedia banyak untuk melayani masyarakat Surabaya. (*)

Tombol Google News

Tags:

vaksin booster 2 dimulai