Awas! Inilah Efek Buruk Menggunakan Vape

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

30 September 2023 01:00 30 Sep 2023 01:00

Thumbnail Awas! Inilah Efek Buruk Menggunakan Vape Watermark Ketik
Ilustrasi Vape. (Foto: pixabay)

KETIK, JAKARTA – Banyak orang saat ini memilih beralih dari rokok konvensional ke rokok elektrik atau vape. Vape digadang-gadang menjadi alternatif pengganti rokok tembakau yang dianggap lebih aman. Vape juga dikemas dengan lebih modern dan menarik yang membuat anak muda menyukainya.

Selain itu vape juga tersedia dengan berbagai rasa yang bisa disesuaikan dengan penggunanya. Inilah yang membuat vape makin digemari.

Akan tetapi dibalik semua kelebihannya ternyata vape juga menyimpan bahaya yang mengintai para pemakainya. Berikut ini adalah ulasannya:

1. Buruk bagi kesehatan jantung dan paru paru

Walaupun digadang gadang lebih aman dari rokok konvensional, nyatanya vape juga menyimpan bahaya layaknya rokok tembakau biasa. Dikutip dari Johns Hopkins Medicine, efek nikotin pada cairan vape atau yang dikenal dengan liquid dapat meningkatkan detak jantung yang memungkinkan pemakainya mengalami serangan jantung.

2. Berefek Buruk Terhadap Gigi dan Gusi

Sama seperti rokok pada umumnya, menghisap vape juga berpengaruh buruk terhadap kesehatan gigi dan gusi. Studi yang dikutip dari healthline memaparkan kalau aerosol dari rokok eletrik membuat permukaan gigi menjadi rentan terhadap bakteri. Risiko mengalami gigi berlubang juga muncul ketika menghisap vape.

Selain itu Vape dapat menyebabkan iritasi pada gusi, mulut, dan tenggorokan.

3. Membuat kecanduan

Nikotin dalam kandungan liquid vape adalah zat adiktif yang membuat kecanduan. Hal ini menstimulasi pemakainya untuk terus menghisap rokok atau vape.

Dikutip dari Johns Hopkins Medicine memaparkan kalau zat adiktif pada rokok biasa atau eletrik kemungkinan memiliki efek yang sama dengan kokain dan heroin.

4. Kandungan nikotin yang berefek buruk

Seperti yang kita tau selain bersifat adiktif, nikotin juga berefek negatif bagi kesehatan tubuh. Nikotin dapat menjadi racun jika dikonsumsi secara berlebihan. Umumnya, keracunan nikotin ditandai dengan mual dan muntah.

5. Memicu kerusakan otak

Menghisap vape memiliki dampak merusak otak, hal ini karena kandungan nikotin pada liquid nya. Dikutip dari situs WebMD, efek nikotin pada rokok elektrik maupun biasa bisa berbahaya bagi bagian otak yang berperan dalam mengatur suasana, pembelajaran, kontrol impuls, dan perhatian. Nikotin berpengaruh buruk terhadap koneksi antar otak. Uap yang mengandung timbal pada rokok elektrik juga dapat merusak otak.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan rokok Vape nikotin kecanduan