Argentina Juara Piala Dunia 2022 Qatar!

Jurnalis: Mirza Ashari
Editor: M. Rifat

18 Desember 2022 18:39 18 Des 2022 18:39

Thumbnail Argentina Juara Piala Dunia 2022 Qatar! Watermark Ketik
Tim Argentina merayakan gelar juara Piala Dunia 2022 Qatar di Lusail Stadium Senin dini hari (19/12). (Foto: FIFA.com)

KETIK, SURABAYA – Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 Qatar. Itu setelah mereka mengalahkan Prancis di partai final lewat drama adu penalti yang berakhir dengan skor 4-2 pada Senin dini hari (19/12). Sebelumnya, di waktu normal kedua tim bermain imbang dengan skor 3-3. Laga berlangsung di Stadion Lusail.

Hasil ini membuat Argentina sukses meraih gelar juara Piala Dunia untuk kali ketiga. Sebelumnya, Argentina juga mengoleksi trofi World Cup pada edisi 1978 dan 1986.

Sementara bagi Prancis, hasil ini membuat mereka gagal mengulang sukses Brasil 60 tahun silam. Yakni menjadi tim yang berhasil meraih gelar juara Piala Dunia secara back to back.

Saat turun minum usai babak pertama, Argentina sepertinya akan menjadi juara dengan mudah. Itu karena mereka sudah unggul lebih dulu 2-0.

Dua gol Argentina tersebut tercipta melalui penalti Lionel Messi pada menit ke-23. Skuad La Albiceleste, julukan Argentina makin di atas angin setelah Angel Di Maria menggandakan keunggulan pada menit ke-36.

Namun, pemain bintang Prancis, Kylian Mbappe tampil hebat dan membuat fans Argentina terhenyak di sepuluh menit terakhir babak kedua. Saat itu, pemain 23 tahun tersebut memborong dua gol dalam waktu kurang dari dua menit untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Dua gol Mbappe tersebut masing-masing tercipta lewat penalti pada menit ke-80. Kemudian melalui tendangan first time super keras pada menit ke-81.

Foto Lionel Messi mencium trofi Piala Dunia di podium juara. (Foto: FIFA+)Lionel Messi mencium trofi Piala Dunia di podium juara. (Foto: FIFA+)

Dalam babak perpanjangan waktu, Argentina juga sudah bersiap-siap berpesta setelah Messi menjebol gawang Hugo Lloris pada menit ke-109. Namun, Mbappe lagi-lagi menunda pesta Argentina.

Tendangan kerasnya saat babak tambahan kurang dua menit membentur salah satu tangan pemain bertahan Argentina di dalam kotak penalti. Wasitpun meniup peluit tanda diberikannya hadiah penalti untuk Prancis.

Mbappe yang menjadi eksekutor mencetak gol ketiganya di laga ini melalui kesempatan tersebut. Itu sekaligus memaksa juara Piala Dunia kali ini ditentukan lewat babak tos-tosan adu penalti.

Foto Skuad Argentina berpesta juara usai mengalahkan Prancis di final Piala Dunia 2022 Qatar (19/12). (Foto: FIFA+)Skuad Argentina berpesta juara usai mengalahkan Prancis di final Piala Dunia 2022 Qatar (19/12). (Foto: FIFA+)

Di babak adu penalti, para eksekutor Argentina semuanya sukses menunaikan tugasnya. Mereka adalah Messi, Paulo Dybala, Leandro Paredes, dan Gonzalo Montiel.

Sial bagi Prancis, dua eksekutor mereka gagal menunaikan tugas. Keduanya adalah Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni. Sementara dua penendang yang sukses adalah Mbappe dan Kolo Muani. (*)

Tombol Google News

Tags:

Argentina juara Piala dunia qatar