Antusiasme Masyarakat Tinggi Ikuti PSU di TPS 002 Manukan Yoso Surabaya

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

24 Februari 2024 09:51 24 Feb 2024 09:51

Thumbnail Antusiasme Masyarakat Tinggi Ikuti PSU di TPS 002 Manukan Yoso Surabaya Watermark Ketik
Suasana pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 002 Manukan Yoso, Sabtu (24/2/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – TPS 002 Kelurahan Manukan Kulon Surabaya yang ada di Manukan Yoso menjalani pungutan suara ulang (PSU), Sabtu (24/2/2024).

Itu setelah sebelumnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tersebut logistik pemilu tertukar. Logistik yang harusnya dari Daerah Pemilihan (Dapil) lima meliputi Karang Pilang, Tandes, Lakarsantri, Benowo, Wiyung, Dukuh. Namun yang datang malah logistik dari Dapil 2 meliputi Tambaksari, Pabean Cantian, Semampir dan Kenjeran.

"PSU di TPS 02 Manukan Yoso ini karena adanya kekeliruan logistik untuk pemilihan anggota DPRD Kota Kabupaten dari Dapil 5, namun yang datang ke TPS 002 dari dapil 2," jelas Panwascam Manukan Kulon, Kholid, Sabtu (24/2/2024).

Kholid menjelaskan dalam Pemilu lalu kekeliruan baru diketahui dan beberapa sudah tercoblos. "Sehingga warga memilih untuk menghentikan pemilihan dan memilih untuk PSU untuk semua seperti Presiden, DPRD Jatim, DPRD Kota, DPD, DPR RI," jelasnya.

Antusiasme masyarakat sangat tinggi mengikuti PSU di kawasan Manukan Yoso ini. Ads dekitar 271 pemilih.

Panitia Pemungutan Suara (PPS) Manukan Kulon Wisnoe Wardana menjelaskan antusias warga sangat besar. "Dari jumlah itu sudah hampir 70 sampai 80 persen hingga pukul 12.00 WIB," jelasnya.

Sementara itu, salah satu Warga Manukan Yoso, Sukatman (53) mengaku tidak masalah dilakukan coblosan ulang. Saat Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 14 Februari lalu dirinya tidak bisa menyalurkan suaranya.

"Jadi dengan adanya PSU ini saya bisa menyalurkan suara saya jadi itu membuat saya senang dan tidak masalah adanya PSU," ucapnya.

Sukatman mengaku antusias warga sangat banyak dalam PSU yang dilakukan di TPS 02 ini. "Dari pagi cukup banyak mas warga yang datang," ucapnya.

Sedangkan, Hamidah (48) warga Manukan Yoso mengaku senang dengan adanya PSU ini. "Tidak masalah harus ada pemilihan ulang karena memang sebelumnya ada kekeliruan dalam surat suara yang masuk di sini dan sudah dicoblos," jelasnya.

Akan tetapi Hamidah mengaku sedih lantaran anaknya tidak bisa ikut pemilihan ulang ini. "Karena digelar hari sabtu jadi anak saya masuk dan harus kerja jadi tidak bisa ikut coblosan ulang," terangnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

pemilu 2024 pemungutan suara ulang PSU Manukan Yoso TPS002 Manukan Yoso Surabaya Jawa timur pemilu2024 Pileg2024