Antisipasi Kerawanan, Bupati Halsel Dorong Kemajemukan Lumbung Pangan

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Muhammad Faizin

15 Januari 2024 06:13 15 Jan 2024 06:13

Thumbnail Antisipasi Kerawanan, Bupati Halsel Dorong Kemajemukan Lumbung Pangan Watermark Ketik
Bupati Bassam memberi sambutan saat meresmikan lumbung pangan di desa Baru Kecamatan Obi (Foto Alif/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba kembali meresmikan lumbung pangan Desa Kampung Baru, Kecamatan Obi pada Minggu (14/01/2024). Sebelumnya, bupati Bassam Kasuba juga meresmikan lumbung pangan di Desa Soligi, Kecamatan Obi Selatan. 

Dalam rangka mengendalikan inflasi dan menstabilkan harga pasokan bahan pokok di lapangan, Bupati Bassam Kasuba di dampingi Kadis Pertanian Halsel Agus Heriawan secara simbolis menyerahkan sejumlah bantuan berupa 5 ton beras dan 2,5 ton sagu ke masyarakat Desa Baru, Kecamatan Obi.

Bassam Kasuba di kesempatan tersebut menyampaikan akan mendorong kemajemukan lumbung pangan yang lebih baik Halsel secara umum, khususnya di Desa Baru Obi.

“Untuk meningkatkan produktivitas pangan, kehadiran kami disini dalam rangka meresmikan sekaligus penyerahan lumbung pangan yang terdiri dari 5 ton beras dan 2,5 ton sagu tumang. Semua ini sebagai wujud respon untuk mengantisipasi masalah kebutuhan pangan ke depan sebelum mengalami krisis," ucap Bupati Bassam saat sambutan.

Sebagai tugas dan tanggung jawab serta langkah responsif Pemda Halsel, Kadis Pertanian Agus Heriawan dalam kesempatan yang sama mengatakan, bantuan pangan berupa beras dan sagu sebagai bentuk antisipasi kerawanan dan rentannya pangan di tengah cuaca yang tak menentu.

"Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan melalui Dinas Pertanian ini sudah menjadi kebijakan bupati dalam kebijaksanaannya, akan mengantisipasi kerawanan pangan. Bisa di bilang Desa Kampung baru telah masuk dalam kategori kerentanan dan kerawangan pangan multikultural yang sangat baik untuk dikembangkan agar lebih efektif jika di dorong dengan kualitas lahan yang ideal, " kata Agus mengakhiri. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Peresmian lumbung pangan Desa Baru Kecamatan Obi halmahera selatan Halsel Bupati Bassam Kasuba Dinas Pertanian Halsel Agus Heriawan