Antisipasi Banjir, Pemkot Madiun Bersihkan Kali Bok Malang

Jurnalis: Kurniawan
Editor: Mustopa

15 Agustus 2024 11:46 15 Agt 2024 11:46

Thumbnail Antisipasi Banjir, Pemkot Madiun Bersihkan Kali Bok Malang Watermark Ketik
Relawan BPBD Kota Madiun dengan alat berat mengeruk sampah di kali Bok Malang (Foto : Dok. Kominfo Kota Madiun)

KETIK, MADIUN – Belasan relawan dari BPBD Kota Madiun beserta satu unit alat berat mengeruk berbagai sampah dan bambrongan bambu yang menyumbat aliran Kali Bok Malang.

Pembersihan dilakukan untuk mencegah banjir, karena sampah-sampah tersebut sudah mengendap di dasar sungai. Setiap musim penghujan, aliran Kali Bok Malang selalu meluap hingga menggenangi rumah penduduk dan jalan. 

’’Sampah-sampah yang ada di sungai kami naikkan agar sungai menjadi bersih,’’ kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Madiun Sumanto, Rabu (15/8/2024).

Sumanto menambahkan, penumpukan sampah di Kali Bok Malang jika dibiarkan bisa mengancam jembatan. Terlebih tingkat sedimentasi di sungai tersebut cukup tinggi dan engakibatkan debit air rawan meluap ketika meningkat.

’’Tahun sebelumnya, sampah lebih banyak tersumbat di Dam Piring, tapi sekarang malah banyak di bawah Jembatan Bok Malang,’’ ujarnya

Informasi yang berhasil dihimpun, selain di Kali Bok Malang, pembersihan serupa juga dilakukan di Kali Sono dan Bantaran kali Madiun. Posisinya tepat di bawah Jembatan Manguharjo.(*)

Tombol Google News

Tags:

Bencana Banjir relawan bpbd Alat berat Kali Bok Malang Kota Madiun BPIP Undip