Anak Menderita Demam, Apakah Boleh Dimandikan ?

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

28 Maret 2024 03:27 28 Mar 2024 03:27

Thumbnail Anak Menderita Demam, Apakah Boleh Dimandikan ? Watermark Ketik
Ilustrasi anak demam. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Demam merupakan suatu keadaan dimana suhu tubuh lebih dari 38 derajat celsius. Demam sendiri biasanya merupakan suatu gejala adanya penyakit atau kondisi yang tidak baik dalam tubuh.

Saat anak-anak menderita demam biasanya orang tua akan melarang anaknya untuk mandi. Untuk membersihkan tubuh para orang tua lebih memilih mengkompres si buah hati dengan air hangat. Kompres ini tidak hanya dilakukan di area dahi, tetapi juga seluruh tubuh untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Dokter Spesialis Anak, dr. Ardi Santoso menjelaskan bahwa anak-anak yang demam memang disarankan untuk dikompres air hangat untuk menurunkan panasnya. Akan tetapi untuk membersihkan tubuh, mandi tetap disarankan asalkan dengan syarat menggunakan air hangat.

“Selain kompres air hangat pada anak yang demam, boleh juga mandi dengan air hangat,” jelas dr. Ardi dikutip dari akun Instagramnya @ardisantoso, Rabu (27/3/2024).

Lebih lanjut, walaupun diperbolehkan mandi, tetapi orang tua tidak disarankan memandikan anak dengan waktu yang lama. Cukuo pastikan anak sudah dalam kondisi bersih setelah itu langsung keringkan dengan handuk.

“Jangan lama-lama yang penting dia nyaman dan langsung dikeringkan ya,”tambahnya.

Setelah selesai mandi, jangan lupa pakaikan pakaian hangat kepada anak dan berikan dia obat untuk menurunkan panasnya. Dan terakhir jangan lupa cukupi kebutuhan cairan anak dengan banyak mengkonsumsi air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

"Jangan lupa juga tata laksana demam yang lain, minum yang banyak, jangan pakai baju yang tebel-tebel, kasih suhu ruangan yang nyaman. Intinya pokoknya dia nyaman," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

parenting kesehatan anak demam orang tua kompres suhu tubuh Perawatan mandi