Alwi Farhan Menangi Kejuaraan Dunia Junior Tunggal Putra, Sedikit Obati Kegagalan Asian Games

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

9 Oktober 2023 02:58 9 Okt 2023 02:58

Thumbnail Alwi Farhan Menangi Kejuaraan Dunia Junior Tunggal Putra, Sedikit Obati Kegagalan Asian Games Watermark Ketik
Pebulutangkis Indonesia Alwi Farhan juara tunggal putra BWF World Junior Championships 2023 di Washington, AS (8/10/2023). (Foto: PP PBSI)

KETIK, JAKARTA – Pebulutangkis Indonesia Alwi Farhan menorehkan sejarah. Pemain asal Surakarta ini tampil sebagai juara tunggal putra ajang BWF World Junior Championships 2023. Dia menjadi pemain tunggal putra pertama Indonesia yang menjadi juara dunia junior.

Dalam final yang berlangsung di The Podium Arena, Spokane, Washington, AS, Minggu (8/10/2023), Alwi menaklukkan unggulan ketiga, Hu Zhe An (China) dengan skor 21-19, 19-21, 21-14 dalam laga selama 65 menit.

Alwi pun mengakhiri dahaga lama dan menjadi wakil tunggal putra Indonesia pertama sebagai kampiun Kejuaraan Dunia Junior sejak ajang ini resmi digelar BWF tahun 1992.

"Alhamdulillah dan bersyukur saya bisa menang. Saya tidak menyangka bisa sampai di sini. Karena tahun lalu pun saya tahu betapa berat perjuangannya tampil di WJC. Kemenangan ini tak lepas berkat dukungan dan doa orangtua, keluarga, pelatih, rekan, dan team support hingga akhirnya saya bisa jadi juara seperti saat ini," kata Alwi dilansir PP PBSI.

Hasil ini sekaligus mengobati kekecewaan Badminton Lovers tanah air saat ini. Pasalnya, PBSI sedang mendapat sorotan tajam lantaran para punggawa bulu tangkis Indonesia untuk kali pertama dalam sejarah gagal menyumbangkan satupun medali dari ajang Asian Games di Hangzhou.

"Semoga dengan kemenangan saya ini bisa memberi semangat bagi bulu tangkis Indonesia untuk bangkit. Kemenangan ini tentu sangat berarti bagi saya. Tetapi saya tidak boleh cepat puas, karena ini baru juara level junior. Saya pun ingin bisa tampil konsisten saat masuk ke level senior. Saya mau bisa masuk top 50 dulu," harap Alwi.

Selain Alwi, Indonesia juga meloloskan Chiara Marvella Handoyo ke final. Sayang, pada laga puncak tunggal putri, Chiara tampil antiklimaks dan kalah atas Pitchamon Opatniputh dari Thailand dalam 33 menitndengan skor 11-21, 9-21.(*)

Tombol Google News

Tags:

BWF World Junior Championships 2023 badminton pbsi Asian Games Alwi Farhan