Aleg Demokrat Sebut Penampilan Guru di Debat Pertama Pilkada Kota Batu Melebihi Ekspektasi

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

24 Oktober 2024 21:15 24 Okt 2024 21:15

Thumbnail Aleg Demokrat Sebut Penampilan Guru di Debat Pertama  Pilkada Kota Batu Melebihi Ekspektasi Watermark Ketik
Paslon Firhando Gumelar- H Rudi saat mengikuti Debat Publik Pertama. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Debat Publik Pertama Pilkada Kota Batu 2024 telah digelar pada Senin 21 Oktober 2024 di Hotel Golden Tulip, Kota Batu. Namun, Debat Publik yang digelar KPU Kota Batu itu masih menyisakan perhatian dari beberapa kalangan. 

Salah satunya Wildan Bimantoro, anggota legislatif (Aleg) DPRD Kota Batu dari fraksi Demokrat yang mengaku terkejut dengan penampilan Pasangan Calon Firhando Gumelar-H. Rudi (Guru). Menurutnya, Paslon nomor urut 2 itu terbukti mampu mengimbangi dua pasangan lain yang lebih berpengalaman. 

Menurutnya, sebelum debat digelar, banyak pihak yang meragukan Firhando Gumelar yang tak memiliki pengalaman di birokrasi pemerintahan baik eksekutif maupun legislatif.

“Tapi fakta berkata lain, Firhando tak tampak demam panggung. Jawaban-jawabannya lugas, dan programnya cukup inovatif,” katanya, Kamis 24 Oktober 2024.

Wildan mencontohkan bagaimana Firhando Gumelar saat menyampaikan visi-misinya pada segmen pertama. Menurutnya, kelancaran dan kelugasan Firhando menjelaskan visi dan misinya yang termuat dalam tagline-nya, yakni Sejahtera, Ekologis, Jujur, Ulet dan Kreatif (Sejuk) patut diapresiasi. 

Pada segmen kedua terkait pendalaman visi-misi, lagi-lagi penyampaian paslon Firhando Gumelar-H. Rudi dinilai lebih dari ekspektasi banyak orang, terutama bagaimana Firhando dan H. Rudi sangat menguasai materi.

"Terutama terkait Batu Smart Waste Management atau pengelolaan sampah, Batu Creative Center, Agribisnis Center dan beberapa program lain yang mereka siapkan," tambahnya.

Khusus Batu Creative Center, bagi Wildan sangat mewakili sosok Firhando Gumelar yang masih muda, ulet dan kreatif. Dengan program ini, menurut Wildan, akan menjadi wadah yang selama ini dibutuhkan anak muda Kota Batu.

Masuk pada segmen ketiga, Firhando maupun Rudi kembali menunjukkan kualitasnya lewat jawaban yang mereka sampaikan atas pertanyaan panelis maupun tanggapan paslon lain. 

“Firhando dengan tenang menyampaikan bagaimana meralisasi program pengelolaan sampah yang ia canangkan, upaya dan langkah apa saja untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan produktivitas pertanian di Kota Batu, serta bagaimana mengangkat kesenian, kebudayaan dan ekonomi kreatif di Kota Batu. Semua menjadi jawaban bagi pelbagai persoalan di Kota Batu,” ujar Wildan.    

Pada segmen keempat dan kelima, di matanya tak jauh beda. Pasangan muda dan berpengalaman ini bisa saling mengisi saat menjawab setiap pertanyaan maupun ketika giliran mereka menjawab pertanyaan seputar program 1 desa 1 wisata. 

“Secara keseluruhan cukup bagus. Ini sudah melebihi ekspektasi semua orang. Terutama Mas Gum (panggilan Firhando Gumelar) yang awalnya dianggap anak kemarin sore,” urainya.

Soal closing statement, Wildan juga mengapresiasi bagaimana pernyataan Firhando Gumelar yang menyatakan bahwa Uang rakyat kembali ke rakyat serta Demokrasi sebaiknya dipahami dengan sejuk, bukan memecah belah masyarakat melalui politik identitas. 

“Ini jadi closing statement yang menurut saya sesuai dengan harapan masyarakat Kota Batu,” pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Pilkada Kota Batu Paslon Firhando Gumelar- H Rudi Debat Publik Pertama