Alasan Ikhsan Nul Zikrak, Pemain Timnas U-23 Pilih Kuliah di UM Surabaya Sambil Tekuni Karier Atlet

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

16 Agustus 2024 10:00 16 Agt 2024 10:00

Thumbnail Alasan Ikhsan Nul Zikrak, Pemain Timnas U-23 Pilih Kuliah di UM Surabaya Sambil Tekuni Karier Atlet Watermark Ketik
Pemain timnas U-23, Ikhsan Nul Zikrak menunjukkan kartu tanda mahasiswa miliknya. (Foto: Universitas Muhammadiyah Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Walaupun memiliki kesibukan yang cukup tinggi sebagai pemain Timnas U-23, namun Ikhsan Nul Zikrak tidak melupakan pendidikan formal untuk bekal di masa depan kelak.

Pemain dengan posisi gelandang serang tersebut resmi terdaftar sebagai mahasiswa jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi S1 Manajemen, di Universitas Muhammadiyah Surabaya. 

Pemain asal Sumatera Barat tersebut mengaku awalnya mengetahui informasi beasiswa atlet dari kakaknya. Kata sang kakak, kuliah dengan beasiswa atlet memiliki kelebihan jam pelajaran yang fleksibel dan kurikulum yang mudah, sehingga atlet seperti dirinya tidak akan kesulitan untuk membagi waktu antara pekerjaan dengan perkuliahan.

“Awalnya dapat info dari kakak kalau di UM Surabaya ada beasiswa atlet, katanya kurikulumnya mudah dan kuliahnya fleksibel untuk para atlet,”ujar Ikhsan, Kamis (15/8/2024).

Pemain Borneo FC tersebut mengutarakan alasan mengambil jurusan manajemen. Ia mengaku jika ingin ilmu yang didapat selama kuliah di UM Surabaya bisa digunakan ketika ia sudah tidak menjadi atlet lagi. Saat sudah tidak lagi berprofesi sebagai atlet, dirinya ingin menekuni dunia wirausaha.

“Saya juga memiliki keinginan untuk menjadi seorang pengusaha suatu saat nanti,” tambahnya.

Sementara itu Wakil Rektor 3 UM Surabaya Ma’ruf Sya’ban menuturkan jika saat ini tercatat ada 52 atlet yang kuliah di UM Surabaya, beberapa diantaranya telah lulus. Atlet tersebut diantaranya atlet sepak bola, atlet panjat tebing, sepakbola amputasi, futsal, taekwondo, tapak suci, atlet renang, atlet karate dan beragam atlet lainnya. 

Program beasiswa atlet diberikan sebagai penghargaan kepada para atlet yang sudah mengharumkan nama daerah, provinsi hingga negara. Dengan kurikulum yang disesuaikan, para atlet dijamin tidak akan kesulitan untuk mengikuti perkuliahan.

"Biasanya para atlet ini tidak terlalu memikirkan pendidikan. Tapi kita ingin membantu mereka agar betul-betul memikirkan masa depannya setelah pensiun jadi atlet nanti," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ikhsan Nul Zikrak Pendidikan Atlet Universitas Muhammadiyah Surabaya Beasiswa Atlet Fakultas Ekonomi dan Bisnis S1 Manajemen Borneo FC Program Beasiswa Atlet