Akhir Libur Lebaran 2024, 100 Ribu Kendaraan Diperkirakan Masuk Jabodetabek

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

15 April 2024 05:46 15 Apr 2024 05:46

Thumbnail Akhir Libur Lebaran 2024, 100 Ribu Kendaraan Diperkirakan Masuk Jabodetabek Watermark Ketik
Ilustrasi antrian kendaraan yang mengular di gerbang tol. (Foto: Jasa Marga)

KETIK, JAKARTA – Menjelang berakhirnya musim libur lebaran 2024, Jasa Marga memperkirakan akan ada sekitar 100 ribu kendaraan yang akan memasuki Jabodetabek melalui Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama, Senin (15/4/2024). 

Per 14 April 2024 pukul 16.00 WIB terpantau terjadi lonjakan arus lalu lintas pada ruas Tol Cipularang-Padaleunyi arah Jakarta. Titik kepadatan terpantau di beberapa titik, terutama menjelang rest area, yakni di Rest Area KM 125 dan KM 97.

"Saat ini memang terjadi kenaikan jumlah kendaraan dari Trans Jawa menuju Jakarta tapi akan jauh lebih meningkat pada Senin," kata Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani di Cikampek, Minggu (14/4/2024).

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, Jasa Marga bekerjasama dengan Kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas. Salah satunya dengan sistem buka tutup akses rest area sesuai diskresi Kepolisian jika dibutuhkan, mengoptimalkan gardu transaksi menuju Jakarta di GT kalihurip Utama serta penambahan Mobile Reader.

Lebih lanjut, Jasa Marga juga akan memisahkan lalu lintas dari arah GT Pasteur dan GT Cileunyi menuju Jakarta dengan melakukan kanalisasi di Simpang Susun Pasteur. Pengoperasian fungsional Akses Masuk Ruas Tol Japek Selatan juga akan dilakukan hingga Kutanegara.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari pertemuan lalu lintas dari GT Kalihurip Utama dan GT Cikampek Utama menuju Jakarta, yang berpotensi menimbulkan kepadatan.

Jika rest area padat, Jasa Marga menghimbau pengendara untuk melanjutkan perjalanan dan menggunakan rest area berikutnya. Seperti lima rest area sepanjang Ruas Tol Padaleunyi dan Cipularang yaitu di KM 149 dan KM 125 (Padaleunyi) dan KM 97, KM 88, KM 72 (Cipularang). 

Pengendara juga diharapkan selalu memperhatikan saldo dari kartu e-money sebelum memasuki jalan tol agar tidak terjadi antrian kendaraan di gerbang tol. Rambu-rambu lalu lintas juga harus dipatuhi untuk menghindari terjadinya kecelakaan selama perjalanan berlangsung.(*)

Tombol Google News

Tags:

Arus Balik Libur lebaran antrian kendaraan Jalan tol jasa marga Rekayasa Lalu Lintas Kepadatan Kendaraan