62 Tahun Pramuka, Ketua Kwarda Jatim Pimpin Ulang Janji dan Berikan Lencana Pancawarsa

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Moana

13 Agustus 2023 14:46 13 Agt 2023 14:46

Thumbnail 62 Tahun Pramuka, Ketua Kwarda Jatim Pimpin Ulang Janji dan Berikan Lencana Pancawarsa Watermark Ketik
Ketua Kwarda Jatim Arum Sabil saat memimpin Upacara Ulang Janji Peringatan Hari Pramuka. (Foto: Kholisin/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Timur (Kwarda Jatim) menggelar malam ulang janji dalam rangka memperingati HUT ke-62 Pramuka. 

Kegiatan ulang janji dipimpin Ketua Kwarda Pramuka Jatim HM Arum Sabil di Gedung Binaloka Adhikara, Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan, Surabaya, Minggu (13/8/2023) malam. 

Kwarda Jatim mengusung tema "Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proposional" dalam momen sakral tersebut.

Ketua Kwarda Jatim Arum Sabil mengajak seluruh komponen untuk terus memegang teguh janji. Menerapkan Tri Satya dan Dasa Darma dalam seluruh aspek kehidupan. 

"Menyegarkan kembali pada pikiran kita bahwa kita punya janji, punya sumpah yaitu Tri Satya," papar Arum. 

Menurut Arum Sabil,  terdapat 10 poin Dasa Darma yang ditanamkan pada setiap Anggota Pramuka. Yakni tentang ketakwaan kepada Tuhan, cinta alam dan manusia, sopan, patuh, rela menolong, rajin, hemat, disiplin, bertanggung jawab, dan menjaga perkataannya

"Jadi kita juga saling menghargai, menghormati, kita tentu tidak mungkin terus sama dalam pikiran, sikap mungkin tindakan-tindakan dengan pihak-pihak lain itu sama. Kita di Pramuka itu saling menghormati," ujar Arum Sabil. 

Demikian pula Suci Dalam Pikiran. Mengandung sebuah makna bahwa sebagai penggerak Pramuka harus menjadi teladan dalam ucapan, pikiran dan tindakan. 

"Artinya kita para Kader Pramuka teruslah aktif, yang produktif tapi yang positif," pesan Ketua Kwarda Jatim. 

Foto HM Arum Sabil sematkan Lencana Pancawarsa ke salah satu tokoh pramuka. (Foto: Dok. Pramuka)HM Arum Sabil menyematkan Lencana Pancawarsa kepada salah satu Tokoh Pramuka.

Ketua Kwarda Jatim Arum Sabil juga kembali menggelorakan semangat Tri Satya dan Dasa Darma. Tidak hanya pada sesama, tapi juga pada alam. 

"Bukan hanya sesama, kepada alam. Kenapa alam ini juga harus menjadi bagian yang harus kita sayangi karena manusia itu sendiri bagian dari alam, apa itu alam tanah, air, udara, satwa dan tanaman itu adalah alam itulah mata rantai yang tidak bisa dipisah," tegasnya. 

Dalam kegiatan ulang janji Pramuka tersebut, Kwarda Pramuka Jatim memberikan penghargaan kepada 5 Tokoh Pramuka Jawa Timur. Upacara ulang janji berlangsung penuh khidmat. 

Sebagai informasi, kegiatan ulang janji ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT ke-62 Pramuka yang jatuh setiap 14 Agustus 2023 dengan perenungan terhadap usaha atau karya yang telah dilakukan oleh setiap anggota.(*) 

Tombol Google News

Tags:

Kwarda Jatim ulang janji Arum Sabil Pramuka HUT Pramuka Pramuka Jatim