5 Destinasi Domestik dan Internasional Pilihan untuk Habiskan Libur Imlek

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

10 Februari 2024 00:05 10 Feb 2024 00:05

Thumbnail 5 Destinasi Domestik dan Internasional Pilihan untuk Habiskan Libur Imlek Watermark Ketik
Klenteng Sanggar Agung di Kawasan Kenjeran, Surabaya. (Foto: Pergiyuk)

KETIK, JAKARTA – Selain merayakan tradisi dan budaya, momen tahun baru Imlek juga bisa dimanfaatkan untuk berlibur bersama orang terdekat. Liburan singkat selama akhir pekan bisa menjadi kesempatan emas untuk menikmati kekayaan budaya dan tradisi Imlek di destinasi domestik maupun internasional

Indonesia memiliki banyak tempat yang bisa Anda kunjungi saat liburan tahun baru imlek. Seperti Kota Surabaya, Jakarta dan Singkawang. Sedangkan untuk destinasi internasional Singapura dan Kuala lumpur bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan liburan di tahun naga kayu ini.

Berikut ini adalah beberapa tempat ideal domestik maupun internasional untuk menikmati momen tahun baru imlek.

1. Indahnya Berbau Tionghoa di Kota Surabaya

Ibu kota Jawa Timur ini memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi saat tahun baru imlek. Mengingat warga Tionghoa merupakan etnis terbesar ketiga di Kota Pahlawan, sehingga tidak mengherankan kota ini memiliki banyak tempat berbau Tionghoa, seperti klenteng Sanggar Agung yang terletak di kawasan pantai kenjeran, Surabaya.

Klenteng ini menawarkan pemandangan alam yang indah, perpaduan laut di Selat Madura dan juga ornamen khas china yang menghias bangunan. Terdapat patung dua naga besar yang biasa dijadikam objek berfoto bagi para pengunjung.

2. Kemewahan Urban di Jakarta

Menyambut tahun baru imlek, kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) di Jakarta Utara selalu meriah dengan perayaan yang digelar oleh masyarakat keturunan Tionghoa. Destinasi seperti Pantjoran PIK merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin berlibur sejenak sambil menikmati kuliner dan hiburan dalam suasana khas Imlek. 

Anda juga bisa menikmati beragam hidangan kuliner khas Imlek seperti Mun Kiaw Mien, Ci Cong Fan, dan kwetiau seafood yang legendaris.

3. Menikmati Semarak Budaya Tionghoa di Singkawang

Sebagai kota yang mendapatkan julukan sebagai kota Amoy, Singkawang merupaka kota yang cukup kental dengan beragam kebudayaan khas Tionghoa. Apalagi saat merayakan tahun baru Imlek kota ini akan semarak dengan beragam acara perayaan.

Salah satunya Festival Cap Go Meh Singkawang, yang masuk dalam 10 besar Karisma Event Nusantara 2024, menghadirkan 6.000 lampion menghiasi jalan kota.

Foto Suasana Tionghoa yang sangat kental di Kota Singkawang. (Foto: Kemenparekraf)Suasana Tionghoa yang sangat kental di Kota Singkawang. (Foto: Kemenparekraf)

4. Kemeriahan Malam Tahun Baru di Singapura

Sebagai kota sekaligus negara yang mayoritas penduduknya merupakan etnis Tionghoa. Sudah tentu perayaan tahun baru imlek akan dilaksanakan dengan sangat meriah. Anda dapat mengunjungi Gardens by the Bay yang terkenal, dan juga menikmati lampion tematik maskot Xiaohe dan Naga ‘Wei Long’ dari Sungai Hongbao.

Selain itu juga ada Chinatown Heritage Centre, Kuil Thian Hock Keng, dan Maxwell Road Hawker Centre.

5. Jelajah Budaya Tionghoa di Kuala Lumpur

Kuala Lumpur juga menawarkan pengalaman Tahun Baru Imlek yang menarik. Dengan perayaan di Pecinan Kuala Lumpur dan penginapan di Pacific Express Hotel Chinatown. Selain itu Ada dapat menjelajahi Central Market Kuala Lumpur dengan mudah.(*)

Tombol Google News

Tags:

Wisata imlek budaya Tradisi tionghoa Klenteng Singkawang Singapura Kuala Lumpur