5 Aktivis NU Berfoto dengan Presiden Israel Berujung Ketua Umum PBNU Minta Maaf

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

16 Juli 2024 13:04 16 Jul 2024 13:04

Thumbnail 5 Aktivis NU Berfoto dengan Presiden Israel Berujung Ketua Umum PBNU Minta Maaf Watermark Ketik
Lima aktivis NU yang bertemu dengan Presiden Israel, Issac Herzog. (Akun Instagram @zenmaarif)

KETIK, JAKARTA – Viral di media X sebuah foto yang menggambarkan 5 tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) atau Nahdliyin berpose bersama Presiden Israel, Isaac Herzog. Kelima tokoh muda NU ini diduga melakukan kunjungan ke Israel pekan lalu.

Foto tokoh NU bersama Presiden Israel ini langsung heboh di dunia maya, bahkan menjadi trending topik di X. Banyak yang menyayangkan aksi tokoh NU yang justru menemui Presiden Israel di tengah kecaman warga dunia terhadap Israel.

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya angkat bicara soal kelima anggota organisasi di bawah naungan PBNU yang bertemu dengan Presiden Israel, Isaac Herzog.

Adapun kelima Nahdliyin yang bertemu dengan Isaac yakni Sukron Makmun selaku Wakil Ketua PWNU Banten; Zainul Maarif selaku dosen Unusia; dan Munawir Aziz selalu Sekum PP Pagar Nusa. Lalu ada dua aktivis perempuan NU yakni Nurul Bahrul Ulum, alumnus IAIN Cirebon yang bekerja sebagai Communication Officer di Australia – Indonesia Muslim Exchange Program (AIMEP) dan Australia – Asean Muslim Exchange Program (AAMEP), serta Izza Annafisa, alumnus Ponpes Nurul Jadid yang kini menjadi Wakil Koordinator Bidang Kesehatan PP Fatayat NU. 

Gus Yahya mengakui bahwa sikap yang dilakukan para pemuda NU untuk bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog adalah sebuah kesalahan.

Menurut Gus Yahya, PBNU menduga kesalahan tersebut terjadi lantaran adanya ketidakpahaman dan sensitivitas dari para tokoh NU yang bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog.

Terlebih para tokoh NU tersebut tidak melakukan koordinasi dengan PBNU saat bertemu dengan Presiden Israel.

Maka dari itu PBNU akan memberikan sanksi kepada kelima tokoh pemuda NU yang melakukan pertemuan dengan Presiden Israel.

“Nanti akan diproses, ini sudah dijadwalkan sidang komite etiknya,” ucapnya.

Pihak PBNU pun berharap warga NU ke depannya lebih berhati-hati dalam mengambil sikap politik.

“Dan akan banyak sekali yang berupaya menyeret NU ke berbagai agenda politik internasional. Dan ini sudah kita minta ke semua kader dan warga agar berhati-hati,” ucapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

NU NAHDLATUL ULAMA Yahya Cholil lima tokoh muda Ketua PBNU Presiden Israel 5 tokoh muda