3 Kota/Kabupaten di Jatim Raih Anugerah Digital Government Award

Jurnalis: Ahmad Istihar
Editor: Muhammad Faizin

28 Mei 2024 11:22 28 Mei 2024 11:22

Thumbnail 3 Kota/Kabupaten di Jatim Raih Anugerah Digital Government Award Watermark Ketik
Presiden Joko Widodo saat menyerahkan anugrah kepada Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, untuk kategori instansi pemerintah dengan peningkatan SPBE signifikan (28/05/2025)(Foto Ahmad Istihar/Ketik.co.id)

KETIK, TUBAN – Tiga daerah di Jawa Timur berhasil memperoleh anugerah Digital Government Award (DGA). Pertama, Pemerintah Kota Surabaya dengan indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tertinggi kategori pemerintah kota. Kedua, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dengan indeks SPBE tertinggi kategori pemerintah kabupaten. Ketiga, Pemerintah Kabupaten Tuban dengan kategori instansi pemerintah dengan peningkatan SPBE signifikan.

DGA merupakan hasil evaluasi penerapan SPBE kepada seluruh instansi pemerintah oleh tim independen dan tim koordinasi SPBE nasional. DGA diberikan 65 instansi pusat,daerah dengan enam kategori penghargaan berdasarkan tingkat kematangan instansi pemerintah untuk penerapan SPBE.

Penganugerahan ini merupakan rangkaian kegiatan dari SPBE Summit 2024 dan Peluncuran INA Digital di Istana Negara Jakarta, Senin (27/05/2024) oleh Presiden RI, Joko Widodo. Turut hadir para menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan instansi pusat, dan kepala daerah, termasuk Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono didampingi penerima anugerah dari kota/kabupaten di Jatim.

“Saya ingin menggarisbawahi dan menekankan kehadiran birokrasi itu harusnya melayani, bukan mempersulit dan bukan malah memperlambat. Seharusnya yang menjadi tolok ukur adalah kepuasan masyarakat, manfaat yang diterima masyarakat, dan kemudahan urusan masyarakat,” ujar Presiden RI, Joko Widodo seperti dikutip dari siaran pers Pemprov Jawa Timur. 

 

Foto Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky didampingi Kepala Diskominfo-SP Tuban, Arif Handoyo di Jakarta (28/05/2025)(Foto Ahmad Istihar/Ketik.co.id)Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky didampingi Kepala Diskominfo-SP Tuban, Arif Handoyo di Jakarta (28/05/2024). (Foto Ahmad Istihar/Ketik.co.id)

 

SPBE Summit 2024 adalah agenda Kementerian PAN-RB bertujuan mendorong perkembangan layanan digital di setiap instansi pemerintah. “Kegiatan ini merupakan tahapan menuju pelayanan publik Indonesia lebih mudah, cepat, transparan, dan layanannya bisa segera diakses masyarakat,” terang Menteri PANRB RI, Abdullah Azwar Anas.

Anas juga menerangkan INA Digital akan bertugas menggerakkan keterpaduan layanan digital pemerintah yang selama ini tersebar di berbagai platform atau aplikasi. Tugas INA Digital yakni melakukan standardisasi data dan integrasi sistem antar aplikasi SPBE Prioritas kementerian atau lembaga ke dalam satu layanan terpadu berbasis digital. (*)

Tombol Google News

Tags:

Menpan-RB DGA Pemkab Tuban Diskominfo Tuban Presiden Jokowi