3 Keindahan Pantai di Lombok Bikin Betah

Editor: Arief

9 Juni 2023 21:11 9 Jun 2023 21:11

Thumbnail 3 Keindahan Pantai di Lombok Bikin Betah Watermark Ketik
Snorkeling di Gili Trawangan menjadi aktivitas menarik di sekitar pantai. (Foto: Instagram @trip_gilitrawangan)

KETIK, JAKARTA Bila Anda sudah bosan berwisata ke Bali, cobalah meneruskan perjalanan ke Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau Lombok menawarkan sensasi wisata alam yang luar biasa. Beberapa pantai tidak kalah dengan yang ada di Bali, atau di daerah lain.

Anda bisa sunbathing (berjemur), berenang dengan penyu atau aktivitas lainnya. Mandalika telah menjadi primadona baru di NTB. Tapi ada beberapa pantai yang bisa bikin baper:

Gili Trawangan

Dulunya Kerajaan Sumbawa menjadikan pulau ini penjara bagi pemberontak Suku Sasak. Selanjutnya pulau ini berubah menjadi tempat singgah orang Bugis yang hendak ke Bali atau ke Jawa.

Kini Gili Trawangan makin bersolek. Daya Tarik pantai ini sangat indah. Bahkan penghuni pulau ini mayoritas warga asing. Awalnya mereka menjadi turis,  kemudian menetap di Gili Trawangan.

Salah satu alasan orang asing menetap di sini lantaran menikmati sunset dan sunrise tidak perlu berpindah tempat. Gili Trawangan makin cantik setelah banyaknya fasilitas seperti jogging track, snorkeling, diving, berkuda, kano, dan fasilitas lain.

Gili Trawangan adalah surga nightlife. Bar, kios, dan kafe mulai buka pukul 21.00 WITA.

Foto Pantai Senggigi akan terus menjadi pilihan destinasi wisata di Lombok. (Foto: Instagram @losterialombok)Pantai Senggigi akan terus menjadi pilihan destinasi wisata di Lombok. (Foto: Instagram @losterialombok)

Senggigi

Tidak lengkap rasanya bila ke Lombok tidak mampir ke Senggigi. Pantainya sangat indah dan mudah diakses dengan kendaraan darat. Terlebih pantai ini menjadi primadona wisatawan dalam negeri maupun mancanegara pada tahun 1990-an.

Anda bisa snorkeling di sekitar pantai sambil menyaksikan siluet Gunung Agung. Maklum Senggigi adalah pantai di sisi barat Pulau Lombok, yang berhadapan dengan Pulau Bali. Senggigi memiliki pesisir yang landai dan sangat menyenangkan bagi anak-anak untuk berenang.

Cukup banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan. Misalnya snorkeling, berselancar, kano, atau berenang di tepi pantai. Pantai ini masih terlihat indah kendati pemerintah membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Pantai Kuta

Jangan terjebak dengan nama pantai ini. Lombok juga memiliki Pantai Kuta. Bedanya, lokasi pantai ini berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Ciri khas pantai ini adalah pasirnya yang putih mirip buliran merica. Inilah daya Tarik Pantai Kuta Lombok yang tidak ditemui di daerah manapun di NTB.

Daya tarik lain dari pantai ini adalah Bukit Mandalika yang ada di sekitar pantai. Bukit ini memiliki cerita di mata masyarakat sekitar. Wilayah pantai sangat aman untuk kegiatan air seperti banana boat, windsurfer dan jetski yang sudah disediakan pengelola.

Seperti pantai di Lombok lainnya, Pantai Kuta juga cukup banyak hotel dan infrastruktur pendukung lainnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Lombok NTB gili trawanga senggigi pantai indah