194 Jemaah Haji Halsel Masuk Kloter 13, Pekan Depan Berangkat Menuju Ternate

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: M. Rifat

14 Mei 2024 11:40 14 Mei 2024 11:40

Thumbnail 194 Jemaah Haji Halsel Masuk Kloter 13, Pekan Depan Berangkat Menuju Ternate Watermark Ketik
Jemaah Haji Halsel saat mengkuti Manasik Haji di Aula Kantor Bupati (14/5/2024) (Foto: Mursal Bahtiar/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Sebanyak 194 Jemaah Haji asal Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) akan diberangkatkan menuju Kota Ternate Minggu, (19/5/2024).

Rencana keberangkatan jemaah haji Halsel ini disampaikan Kepala Seksi Haji Kementrian Agama (Kemenag) Halsel Juhari S. Tawari saat pelaksanaan Manasik Haji di ruang Aula Kantor Bupati Halsel Selasa, (14/5/2024).

Menurut Juhari, JCH asal Halsel didominasi perempuan dengan jumlah 103 jemaah. Sementara 91 orang lainnya laki-laki.

Sementara, usia tertinggi untuk jemaah tahun ini berumur 81 tahun dan yang termuda 28 tahun.

”Dari 194 jemaah ada 4 orang yang menggunakan alat bantu kesehatan seperti kursi roda,” ungkapnya.

Juhari menambahkan, dari sisi medis ada beberapa kategori pendampingan yaitu pendampingan obat, pendampingan orang dan pendampingan alat. Dari 194 jemaah terdapat 4 orang pendampingan alat seperti kursi roda, bahkan 4 orang tersebut bukan kategori lansia, namun dari sisi media ditetapkan menggunkan alat bantu kursi roda.

”Rata rata usia jemaah haji Halsel di bawah 80 tahun, karena usia yang paling tua 84 tahun dan hanya 1 orang,” katanya.

Juhari menjelaskan, jemaah haji Halsel masuk kelompok terbang (kloter) 13 dan rencananya diberangkatkan dari Labuha menuju Kota Ternate pada Minggu (19/5/2024) pagi menggunakan kapal yang disewa pemerintah kabupaten (pemkab) Halsel.

Jemaah diperkirakan masuk di Asrama Haji Transit Kota Ternate pada Minggu sore (19/5/2024).

Foto Juhari S. Tawari Kepala Seksi Haji Kementrian Agama Halmahera Selatan (Sumber Fb Jahari S Tawari)Juhari S. Tawari, Kepala Seksi Haji Kementerian Agama Halmahera Selatan (Foto: FB Jahari S Tawari)

”Jemaah bertolak dari Ternate menuju Makassar tanggal 20 (Mei 2024, red), kemudian menginap di Asrama Haji Suding Makassar, selanjutnya pada tanggal 22, dari embarkasi Makassar bertolak menuju Jeddah Kota Mekkah,” jelasnya.

Kegiatan Manasik, lanjut Juhari, digelar selama dua hari mulai hari ini (14/5/2024) hingga besok. "Kegiatan ini difokuskan pada pembimbingan ibadah haji dan rukun rukun haji,” ucapnya.

Setelah manasik haji, kegiatan selanjutnya dilakukan oleh pemda yakni Napktilas Ibadah Haji pada Kamis besok,” pungkasnya.

Sementara, Bupati Halsel Hasan Ali Bassam Kasuba ketika membuka kegiatan Manasik Haji berharap, Jemaah haji Halsel bisa menjaga kesehatan jelang keberangkatan, karena 194 jemaah asal Halsel merupakan tamu Allah SWT yang diundang langsung untuk beribadah di tanah suci.

Bassam juga berpesan kepada tim Medis agar memberikan pelayanan terbaik kepada para jemaah, ketika ada keluhan segera dilakukan penanganan sehingga jemaah bisa merasa terlayani dengan baik dari sisi kesehatan.

“Saya berharap jemaah bisa mendoakan daerah ini bisa lebih baik. Doakan kami agar bisa menjalankan tugas dengan baik untuk kemajuan Bumi Saruma yang kita cintai,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kemenag Malut Amar Manaf, Kepala Kemenag Halsel Lasengka Ladadu, pimpinan OPD lingkup Pemkab Halsel dan 194 JCH asal Halsel. (*)

Tombol Google News

Tags:

Haji 2024 Jamaah haji Halsel halmahera selatan Kemenag kloter 13 Juhari S. Tawari