11 Menteri Pendidikan Se-Asia Tenggara Kumpul di Jakarta Hari Ini, Ada Apa?

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Naufal Ardiansyah

25 Juli 2023 02:28 25 Jul 2023 02:28

Thumbnail 11 Menteri Pendidikan Se-Asia Tenggara Kumpul di Jakarta Hari Ini, Ada Apa? Watermark Ketik
Jokowi menyampaikan keterangan pers pada KTT ke-42 ASEAN, di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, (11/5/2023). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

KETIK, JAKARTA – Indonesia akan menyambut kedatangan menteri pendidikan dari 11 negara kawasan Asia Tenggara hari ini (25/7/2023) di Jakarta.

Para menteri tersebut menghadiri Forum SEA PD on ECCE yang akan membahas draf naskah deklarasi Menteri Pendidikan Asia Tenggara yang berkenaan dengan transformasi Pendidikan Anak Usia Dini di kawasan ASEAN.

Deklarasi tersebut diharapkan dapat diadopsi pada Pertemuan Tingkat Kepala Negara ASEAN dalam forum Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-43 yang akan dilaksanakan pada awal September 2023.

"Melalui forum ini, kita akan menyepakati deklarasi yang akan merefleksikan upaya negara-negara ASEAN dalam mempercepat transformasi PAUD. Serta memulihkan ketertinggalan masa belajar dan tumbuh kembang (learning dan development loss) pascapandemi Covid-19,” ucap Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, Iwan Syahril, dalam keterangan resmi, Senin (24/7/2023).

Untuk memastikan kualitas layanan PAUD yang berkualitas bagi anak-anak, Iwan Syahril memandang pentingnya mengarahkan semua aspek. Seperti akses, implementasi kebijakan, peningkatan kualitas dan program pengembangan kapasitas, komitmen keuangan.

“Hari ini kami menekankan komitmen yang lebih tinggi terhadap pengembangan Deklarasi PAUD yang berhasil dirumuskan sejauh ini berkat kerja sama antara Kemendikbudristek RI. Serta Sekretariat ASEAN, UNESCO, ARNEC, SEAMEO CECCEP, dan Tanoto Foundation," tambahnya.

Keketuaan ASEAN oleh Indonesia tahun ini mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth". Makna dari tema itu adalah harapan Indonesia mengangkat relevansi dan peran ASEAN dalam kemajuan regional dan global.

Dalam keketuaan tahun ini, Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), didukung oleh ASEAN Secretariat dan The Southeast Asian Ministers of Education Organization Centre for Early Childhood Care Education and Parenting (SEAMEO CECCEP). Serta duta besar negara-negara Asia Tenggara untuk Indonesia, serta ratusan delegasi dan pembicara di Hotel St Regis Jakarta, 25 - 26 Juli 2023.

Menteri pendidikan Asia Tenggara yang dijadwalkan hadir antara lain:

1. Wakil Presiden Philipina yang merangkap Menteri Pendidikan, Sara Zimmerman Duterte.

2. Menteri Pendidikan Kamboja, Dr Hang Chuon Naron.

3. Menteri Pendidikan Malaysia, Fadhlina binti Sidek.

4. Menteri Pendidikan Thailand, Ms Treenuch Thienthong.

5. Menteri Pendidikan Myanmar, Dr Nyunt Pe.

6. Menteri Pendidikan Brunei Darussalam, Datin Seri Setia Dr Hajah Romaizah binti Haji Md Salleh.

7. Menteri Pendidikan Singapura, Chan Chun Sing.

8. Menteri Pendidikan Vietnam, Dr Nguyen Kim Son.

9. Menteri Pendidikan Timor Leste, Armindo Maia.

10. Menteri Pendidikan Laos, Prof Dr Phout Simmalavong.

11. Menteri Pendidikan Indonesia, Nadiem Anwar Makarim.(*)

Tombol Google News

Tags:

Menteri pendidikan asia tenggara ASEAN Nadiem Makarim Mendikbud