Yuk Karaoke! Ini 6 Manfaat Karaoke, Salah Satunya Bikin Awet Muda

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

29 Februari 2024 04:45 29 Feb 2024 04:45

Thumbnail Yuk Karaoke! Ini 6 Manfaat Karaoke, Salah Satunya Bikin Awet Muda Watermark Ketik
Caption: Ilustrasi karaoke. (Foto: Rihat Kumala/ Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Bagi kamu yang hobi karaoke, mungkin selama ini menganggap jika kegiatan ini hanya untuk melepas stres atau berlatih vokal. Namun ternyata karaoke memiliki banyak manfaat tidak hanya bagi kesehatan fisik tetapi juga mental.

Karaoke sendiri merupakan aktivitas bernyanyi diiringi musik yang diputar dari mesin karaoke. Aktivitas ini sering dilakukan untuk bersenang-senang bersama teman atau keluarga. 

Berikut ini dilansir dari berbagai sumber, kami ulas beragam manfaat karaoke, simak ulasannya.

1. Menstimulasi Otak

Saat bernyanyi dengan peralatan karaoke otak kita akan berusaha menyesuaikan irama, lirik lagu dan melodi. Tidak hanya itu karaoke juga melatih koordinasi antara mata saat melihat layar, telinga saat mendengar musik, otak untuk berpikir, mulut dan sekitarnya untuk memproduksi suara serta gerakan tubuh lain yang sesuai untuk mengikuti lagu. Semua hal tersebut ternyata bermanfaat untuk menstimulasi koordinasi otak yang kompleks.

2. Meningkatkan Hormon Endorfin

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika aktivitas karaoke dapat mengurangi stres dari beban kerja sehari-hari. Hal ini terjadi karena saat berkaraoke tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang membuat perasaan anda menjadi lebih bahagia. Dengan begitu maka otomatis tingkat stres yang anda alami pun akan berkurang.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Aktivitas karaoke dapat meningkatkan rasa percaya diri, hal ini karena saat bernyanyi suaramu akan didengar oleh teman atau keluarga yang juga ikut berkaraoke. Pada momen tersebut secara tidak langsung kamu telah meningkatkan rasa percaya dirimu dihadapan banyak orang.

Biasanya kalau anda sudah tidak peduli dengan suaramu bagus atau tidaknya berarti tingkat kepedeanmu sudah berada di level tinggi.

4. Menyehatkan Jantung dan Paru-Paru

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Profesor Graham Welch dari University of London aktivitas bernyanyi memiliki manfaat seperti latihan aerobik. Latihan aerobik ini bisa meningkatkan pasokan oksigen di paru-paru dan aliran darah. Hal ini tentunya akan menyehatkan paru-paru dan jantung anda.

Selain itu dengan pasokan oksigen yang lancar akan menghindarkan anda dari dari gelisah, tekanan darah tinggi, penurunan daya ingat, gangguan pernapasan, hingga serangan jantung.

5. Ajang Bersosialisasi Dengan Orang Lain

Saat melakukan karaoke bisanya pasti dilakukan secara bersama sama baik itu dengan teman, keluarga maupun kolega. Momen ini bisa menjadi ajang untuk saling mendekatkan diri satu sama lain. Dengan berkaraoke anda bisa lebih mengenal teman anda yang nantinya akan memudahkan anda dalam bersosialisasi.

6. Membuat Wajah Awet Muda

Saat bernyanyi anda tidak hanya menggunakan pita suara dan otot perut, tetapi beberapa otot wajah juga ikut bekerja saat anda sedang bernyanyi. Karena sering dilatih otot wajah ini akan membuat anda terlihat awet muda. Bukan hanya bernyanyi, bahkan bergumam pun juga akan memberikan efek awet muda pada wajah anda.(*)

Tombol Google News

Tags:

karaoke Hormon Endorfin bernyanyi awet muda Stimulasi otak Penghilang stres