Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan, Gubernur Khofifah Bentuk Forum Geopark

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Moana

24 Juli 2023 04:10 24 Jul 2023 04:10

Thumbnail Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan, Gubernur Khofifah Bentuk Forum Geopark Watermark Ketik
Gubernur Khofifah menyapa warga di sekitar kawasan wisata alam di Jatim. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, SURABAYA – Keberadaan geopark yang menjadi warisan dunia  UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) merupakan salah satu motor penggerak pembangunan di masa depan.

Banyak potensi bisa dikembangkan guna menaikkan taraf hidup masyarakat di sekitarnya. Salah satu upaya untuk mengembangkan kawasan geopark khususnya di Wilayah Jawa Timur adalah dengan dibentuknya Forum Geopark oleh Pemprov Jatim.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Gubernur Jatim No. 188/143/KPTS/013/2023 tentang Forum Geopark di Jatim.

Forum Geopark diharapkan dapat menjadi motor penggerak pembangunan yang berkelanjutan, sehingga, geopark di Jatim bisa terkelola dengan baik dan terawat.

Keberadaan forum ini dipandang sangat penting mengingat Jawa Timur memiliki banyak geopark. Dua di antaranya sudah ditetapkan sebagai Global Geopark oleh UNESCO. Yaitu Gunung Ijen dan Gunung Sewu. 

Foto Gubernur Khofifah saat mengunjungi Geopark Gunung Ijen. (Humas Pemprov Jatim)Gubernur Khofifah saat mengunjungi Geopark Gunung Ijen. (Humas Pemprov Jatim)

"Agar perencanaan, pengawasan pengembangan, dan pengelolaan geopark berjalan maksimal maka kita membentuk satu forum khusus yaitu Forum Geopark,” ungkap Gubernur Khofifah, Minggu (23/7/2023).

Dengan adanya Kepgub ini, Gubernur Khofifah berharap para pemangku kepentingan bisa saling berkolaborasi dan bersinergi untuk mengoptimalkan potensi geopark, dengan pembangunan yang berkelanjutan melalui evaluasi, monitoring dan pelaporan terhadap kegiatan pengembangannya.

"Kalau ada forumnya, maka mereka akan sinergi dalam menyusun rencana pengembangan yang tersinkronisasi antar masing-masing geopark di Jatim," tambah Khofifah.

Pengembangan geoprak sendiri tidak hanya terbatas pada pengembangan wilayahnya, tetapi juga peningkatan SDM bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Salah satunya dengan menggandeng UMKM yang menjual makanan dan pernak pernik khas daerah.

"Wisatawan di gunung Ijen sejak Januari-Mei 2023, wisatawan mancanegara sebanyak 3.866 orang. Sedangkan, wisatawan lokal 26.824 orang," ucap Khofifah.

Dengan potensi kunjungan wisatawan yang begitu besar, bisa memberikan nilai ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di sekitarnya. 

Sebagai informasi, Forum Geopark Jatim beranggotakan para pengelola geopark di Jatim, mulai Unesco Global Geopark Ijen, Unesco Global Geopark Gunung Sewu, Geopark Nasional Bojonegoro, Aspiring Geopark Nasional Tulungagung, Aspiring Geopark Malang, Aspiring Geopark Bawean Gresik, dan Aspiring Geopark Bromo Tengger Semeru.(*)

Tombol Google News

Tags:

Geopark Gunung Ijen Geopark Gunung sewu Unesco Forum Geopark pembangunan Jawa timur Gubernur Khofifah