Waspadai Kebocoran Data, Militer Korsel Akan Larang Penggunaan Iphone

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

27 April 2024 11:15 27 Apr 2024 11:15

Thumbnail Waspadai Kebocoran Data, Militer Korsel Akan Larang Penggunaan Iphone Watermark Ketik
Ilustrasi Iphone. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Masalah keamanan pada sebuah smartphone merupakan hal yang utama. Setelah menjadi sorotan di beberapa negara, kini giliran militer Korea Selatan yang meragukan keamanan perangkat iPhone.

Berdasarkan rumor yang beredar jika saat ini para petinggi Angkatan Darat, Angkatan Udara dan Angkatan Laut Korea Selatan sedang membuat rencana untuk pelarangan tersebut.

Dilansir dari The Korea Herald, pengumuman mengenai rencana larangan penggunaan iPhone ini disampaikan pertama kali oleh Angkatan Udara Korea Selatan pada 11 April 2024 lalu.

Angkatan Udara Korea Selatan membuat larangan penggunaan perangkat yang memiliki fitur perekam suara. Selain itu, pemerintah juga melarang izin aplikasi pihak ketiga untuk mengontrol fitur native.

Pelarangan fitur perekam suara bukan dibuat tanpa alasan. Pasalnya melalui fitur ini terdapat resiko kebocoran informasi yang sangat sensitif. Larangan tersebut baru akan berlaku pada 1 Juni 2024 mendatang. Terkait keputusan tersebut, pemerintah melarang penggunaan iPhone.

Masih dalam masa pertimbangan, larangan ini nantinya akan berlaku untuk pengguna iPhone. Tidak berlaku secara umum, nantinya perangkat tersebut tidak bisa digunakan di kawasan markas militer Korea Selatan dan unit-unit di bawahnya.

Di sisi lain, militer Korea Selatan menyebut jika penggunaan HP Android buatan perusahaan asal negara tersebut yaitu Samsung masih tetap bisa digunakan seperti biasa.(*)

Tombol Google News

Tags:

teknologi Pelarangan Masalah keamanan iPhone Kawasan Militer perekam suara