Warung Kasih, Toleransi Umat Beragama Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno

27 Maret 2023 17:26 27 Mar 2023 17:26

Thumbnail Warung Kasih, Toleransi Umat Beragama Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan Watermark Ketik
Warung Kasih, menjual nasi bungkus dengan harga terjangkau kepada masyarakat Jember (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Bulan Ramadan kerap menjadi bulan spesial bagi umat Muslim untuk meningkatkan kualitas ibadah dan kebaikan. Namun, tidak hanya umat Muslim saja, umat Katolik juga turut berpartisipasi dalam berbagi dan berbuat baik di bulan Ramadan.

Seperti halnya yang dilakukan Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Cabang Kartini Jember yang memprakarsai Warung Kasih untuk menyambut bulan puasa Ramadan.

Pada bulan Ramadan 2023 ini, pembukaan Warung Kasih digelar di halaman Klinik Pratama Panti Siwi Jember pada Senin (27/3/2023) sore. 

Warung Kasih ini merupakan bentuk berbagi kebaikan umat Katolik kepada masyarakat yang kurang beruntung dengan menyediakan nasi bungkus seharga Rp2.000.

Yang melatarbelakangi kegiatan Warung Kasih ini karena respon masyarakat sekitar yang merasa terbantu dengan membeli nasi bungkus dengan harga yang sangat terjangkau.

Ketua WKRI Cabang Kartini Jember, Lucia Fransisca Eli, mengatakan jika Warung Kasih ini merupakan wadah bagi masyarakat yang ingin berbagi dengan mengedepankan toleransi beragama.

Foto Warung Kasih, menjual nasi bungkus dengan harga terjangkau kepada masyarakat Jember (Foto: Fenna/Ketik.co.id)Warung Kasih, menjual nasi bungkus dengan harga terjangkau kepada masyarakat Jember (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

Ia juga mengungkapkan jika hasil penjualan nasi bungkus dengan harga tersebut tidak menutup dari modal yang telah dikeluarkan. Hal itu kemudian dibantu dengan bentuk donasi para rekan-rekan WKRI.

“Kalau kita memang tulus berbuat kasih, Tuhan pasti beri jalan,” ujar wanita yang akrab disapa Eli.

Sesaat setelah acara seremonial pembukaan Warung Kasih, para pembeli nasi bungkus seharga Rp2.000 ini langsung berebut. 

Sementara itu, salah seorang pembeli sangat mengapresiasi adanya Warung Kasih ini. “Sangat murah meriah untuk masyarakat Jember,” ujar Nibu.

Ia juga berharap Warung Kasih ini akan terus berlanjut sampai akhir bulan Ramadan serta waktu yang mendatang.(*)

Tombol Google News

Tags:

Warung Kasih WKRI Cabang Kartini Jember Toleransi Umat Beragama berbagi kebaikan Ramadan Islam Katolik