Visioner! Fadil Imran dari Kampung Tangguh, Street Race hingga Polisi RW Menjadi Kabaharkam

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

30 Maret 2023 12:28 30 Mar 2023 12:28

Thumbnail Visioner! Fadil Imran dari Kampung Tangguh, Street Race hingga Polisi RW Menjadi Kabaharkam Watermark Ketik
Potret Fadil Imran akrab dengan masyarakat. (Foto: Dok PMJ)

KETIK, JAKARTA Kapolda Metro Jaya Fadil Imran baru saja dapat promosi menjadi Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, sekaligus naik bintang tiga. Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Fadil Imran memang dikenal sebagai sosok yang visioner.

Kiagus Firdaus, mediapreneur sekaligus CEO Ketik menilai Fadil sebagai sosok polisi yang visioner. Fadil sukses menggulirkan ide-ide cemerlangnya ke dalam program-program kepolisian.

"Saya tahu beliau itu tidak biasa bekerja tanpa inovasi. Inovasi adalah ruh Fadil Imran dalam bekerja. Visi-visinya luar biasa," kata Manager Mario Aji, pembalap Moto3 yang diasuh langsung oleh Fadil Imran itu.

Fadil Imran pernah menjabat sebagai Kapolda Jatim pada tahun 2020. Enam bulan bertugas, ia langsung diangkat menjadi Kapolda Metro Jaya hingga awal tahun 2023.

Kampung Tangguh Semeru

Karir Fadil terus melejit berkat inovasi-inovasi yang dilahirkan. Salah satunya adalah Kampung Tangguh Semeru. Konsep ini dinilai sukses menekan angka Covid-19 dan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Kampung Tangguh Semeru merupakan program yang dibuat Fadil Imran bersama stakeholder dan lembaga terkait. Program ini disebut-sebut sebagai penyebab turunnya angka Covid-19 di Jawa Timur.

Foto Fadil Imran tampak akrab bersama masyarakat. (Foto: Dok. PMJ)Fadil Imran tampak akrab bersama masyarakat. (Foto: Dok. PMJ)

Kampung Tangguh kemudian diduplikasi ke seluruh Indonesia karena kuat dengan nilai-nilai gotong royong. Sesuai dengan namanya, kampung Tangguh adalah gerakan pengendalian Covid-19 berbasis kampung/RW. 

Setelah pindah tugas ke Polda Metro Jaya, Fadil kemudian membawa inovasi itu dengan nama Kampung Tangguh Jaya.

Di Jakarta, RW dijadikan basis penguatan Kampung Tangguh Jaya. Fadil Imran sukses menggerakkan inovasi tersebut hingga pengendalian kasus Covid-19.

Legal Street Race

Fadil Imran juga inisiator legal street race di Jakarta. Saat menjabat Kapolda Metro Jaya, ia melihat aksi balap liar di jalanan masih marak dan tertinggi di Jakarta. 

Melihat hal itu, Fadil kemudian menggagas untuk membuat balap di jalanan sebagai event yang resmi dan legal. Hal ini untuk memfasilitasi dan mewadahi para pembalap jalanan. 

Ia mengatakan bahwa lomba street race adalah ikhtiar kepolisian untuk ekosistem street race di Jakarta. 

"Ini merupakan realisasi akan inovasi dan niat kami bukan hanya sekadar wacana," kata Fadil, September 2022 lalu.

Ia sukses membuat event Street Race terbesar dan pertama dalam sejarah drag race legal yakni 500 meter.

Berkat inovasi dan terobosan ini, Fadil Imran meraih apresiasi dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) dalam IMI Awards kategori inisiator Legal Street Race.

Fadil juga dikenal sebagai sosok polisi yang peduli serta berkontribusi pada perkembangan dunia otomotif motor di Indonesia, khususnya pembalap. Bapak asuh Mario Aji ini membuktikan bahwa dunia balap motor dapat memupuk nasionalisme generasi-generasi muda.

Polisi RW

Polisi RW merupakan gagasan dari Kapolda Metro Jaya Fadil Imran. Gagasan itu muncul berdasarkan hasil guyub dengan 1.608 ketua RW se-Kota Tanggerang pada 25 Februari 2023 lalu. Dalam pertemuan itu dicetuskanlah Polisi RW.

Polisi RW adalah polisi yang bertugas serupa dengan Babinkamtibnas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) dan Babinsa (Bintara Pembina Desa) yakni menekan kriminalitas di lingkungan warga. Namun keberadaannya ditempatkan di setiap RW yang merupakan mitranya.

Foto Irjen Pol Fadil Imran. (Foto: Dok. PMJ)Irjen Pol Fadil Imran. (Foto: Dok. PMJ)

Apabila ada suatu permasalahan, ketua RW akan segera melaporkan ke Polisi RW yang sekaligus akan menjembatani ke kantor polisi terdekat atau pihak terkait. Langkah tersebut diharapkan agar masyarakat menjadi lebih dekat dengan aparat penegak hukum.

Kabaharkam Polri

Atas prestasi dan inovasi di atas, Fadil Imran, polisi visioner tersebut diangkat menjadi Kepala Kabaharkam Polri, sekaligus naik bintang tiga.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran promosi menjadi Komjen alias bintang tiga. Posisinya sebagai Kapolda Metro digantikan oleh Irjen Karyoto.

Berdasarkan surat telegram yang diterima, Rabu (29/3/2023), Fadil Imran akan menjabat sebagai Kabaharkam Polri. Total ada 473 personel yang dimutasi.

Mutasi tersebut tertuang dalam ST/713/III/Kep./2023 tanggal 27 Maret 2023 yang ditandatangani Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono. (*)

Tombol Google News

Tags:

Fadil Imran Kabaharkam Promosi bintang tiga polda Metro Polisi