UT Malang Latih Pelaku UMKM Kuasi Teknik Fotografi Produk

Jurnalis: Nata Yulian
Editor: Naufal Ardiansyah

9 Juni 2023 15:03 9 Jun 2023 15:03

Thumbnail UT Malang Latih Pelaku UMKM Kuasi Teknik Fotografi Produk Watermark Ketik
Pelatihan fotografi produk UMKM oleh Dosen Universitas Terbuka Malang. (Foto: Dok. UT Malang for Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Universitas Terbuka (UT) Malang berkomitmen memberikan pendampingan bagi masyarakat sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Penguruan Tinggi.

Salah satunya adalah kegiatan pelatihan fotografi bagi pelaku UMKM yang tergabung dalam Komunitas Perempuan Mandiri Sumber Perubahan (PREMAN SUPER) Malang.

Bertempat di Co-Working Space East Java Super Coridor (EJSC) BAKORWIL Malang, Sabtu (3/6/2023), kegiatan dengan tema Pemanfaatan Visual Branding dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM dihadiri sebanyak 30 peserta pelaku UMKM.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat tersebut Tim Dosen UT Malang terdiri dari Rizka Fuqorina, Lulus Sugeng Triandika, Moh. Syarif dan Moh. Agusalim.

Foto Tim Dosen UT Malang memberikan pelatihan fotografi produk kepada pelaku UMKM.Tim Dosen UT Malang memberikan pelatihan fotografi produk kepada pelaku UMKM.

Kegiatan Pemanfaatan Visual Branding dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM dibuka oleh Moh. Syarif sebagai perwakilan tim. Moh. Syarif menyebut kegiatan abdimas merupakan bagian dari implementasi bentuk pengabdian kepada masyarakat melalui penularan ilmu yang dimiliki oleh tim.

“Semoga ke depannya bisa diadakan kegiatan serupa dengan tema dan topik yang berbeda sesuai dengan kebutuhan mitra," imbuh dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Koodinator tim pengabdian masyarakat UT Malang, Rizka Fuqorina menyebut bahwa kebutuhan akan komunikasi visual di era digitalisasi ini menjadi salah satu aspek penting dalam kegiatan promosi.

Dosen Prodi Akuntansi, FEB Universitas Terbuka tersebut juga menambahkan bahwa Foto produk merupakan salah satu bentuk komunikasi visual untuk meningkatkan penjualan UMKM.

Hal senada juga disampaikan oleh narasumber workshop, Lulus Sugeng Triandika. Lulus menyebut bahwa komunikasi visual dianggap bisa membantu meningkatkan brand awareness produk UMKM.

Foto Tim Dosen UT Malang memberikan pelatihan fotografi produk kepada pelaku UMKM.Tim Dosen UT Malang memberikan pelatihan fotografi produk kepada pelaku UMKM.

Saat ini fotografi sebagai salah satu bentuk praktik komunikasi visual menjadi hal yang lumrah diaplikasikan oleh semua pelaku usaha.

Dampak kemajuan teknologi membuat fotografi semakin mudah dan bisa dijangkau berbagai kalangan, termasuk Ibu-ibu rumah tangga.

“Semua bisa mahir fotografi, semakin sering memotret maka semakin paham tentang komposisi dalam fotografi," ujar dosen program studi D IV Kearsipan Universitas Terbuka.

Pada sesi terakhir kegiatan, Tim Dosen UT Malang memberikan peralatan berupa kamera DSLR untuk membantu kegiatan promosi produk para pelaku UMKM di komunitas PREMAN SUPER. Sesuai dengan harapan tim pengabdian masyarakat UT Malang supaya dapat membantu peningkatan daya saing produk hasil UMKM di pasar. (*)

Tombol Google News

Tags:

UT Malang Universitas Terbuka Malang fotografi UMKM Malang pelaku UMKM