Universitas Negeri Malang Buka Prodi S1 Kedokteran Melalui Seleksi Mandiri, Buruan!

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Naufal Ardiansyah

17 Agustus 2023 16:07 17 Agt 2023 16:07

Thumbnail Universitas Negeri Malang Buka Prodi S1 Kedokteran Melalui Seleksi Mandiri, Buruan! Watermark Ketik
Logo kampus UM (foto: instagram @universitasnegerimalang)

KETIK, MALANG – Universitas Negeri Malang (UM) akhirnya membuka program studi S1 Kedokteran di tahun 2023 ini. Pendaftaran tersebut dapat dilakukan melalui jalur Seleksi Mandiri untuk menemukan individu berkualitas dan berpotensi dalam bidang kedokteran.

Calon mahasiswa baru yang lolos seleksi mendapatkan kesempatan untuk bergabung dalam lingkungan akademis yang dinamis di UM dan berkontribusi dalam dunia kedokteran.

Calon mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Seleksi ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA terakreditasi dan telah mengikuti UTBK-SNBT tahun 2023. Peserta juga harus terbebas dari riwayat gangguan jiwa maupun narkoba.

Seleksi tersebut ditentukan berdasarkan skor UTBK-SNBT dan nilai rapor semester 1 hingga 5 saat duduk di bangka SMA/MA. Calon mahasiswa harus melakukan tes kesehatan yang dilaksanakan di kampus UM.

Para calon mahasiswa sudah dapat melakukan pendaftaran dengan mengunggah berkas-berkas yang menjadi persyaratan. adwal penguggahan berkas tersebut telah dimulai sejak 16-20 Agustus 2023. Jika calon mahasiswa dinyatakan lulus maka dilanjutkan dengan tes kesehatan.

Pada tes kesehatan tersebut perlu mencantumkan surat keterangan dokter dari rumah sakit tipe A/B. Para calon mahasiswa wajib mencantumkan hasil tes penglihatan yang meliputi visus dan buta warna, serta hasil tes pendengaran yakni tes garpu tala atau audiometri.

Hasil rekam jantung pun perlu dilakukan, sekaligus mencantumkan keterangan bebas narkoba. Seluruh surat keterangan dokter beserta hasil tes kesehatan wajib dibawa ketika jadwal Tes Kesehatan calon mahasiswa baru FK UM dimulai.

Calon mahasiswa dapat mendaftar secara online dengan langkah-langkah seperti membuat akun, melakukan pembayaran pendaftaran sebesar Rp 300.000 secara online, serta mengunggah dan melengkapi persyaratan sesuai jalur masuk yang dipilih.

Pada jalur ini, calon mahasiswa yang lolos untuk mengenyam pendidikan di FK UM diminta untuk membayar biaya pendidikan. Biaya tersebut meliputi Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Sarana Akademik (SPSA).

Dengan mengikuti program ini, calon mahasiswa diharapkan dapat bergabung dalam perjalanan pendidikan di dunia kedokteran bersama UM. Adapun informasi lebih rinci dapat langsung mengakses di laman resmi UM: https://seleksi.um.ac.id. (*)

Tombol Google News

Tags:

Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Malang Kota Malang seleksi mandiri UM