Unik, Luminor Hotel Jemursari Hadirkan Cupcake Bermotif Batik

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

7 Oktober 2023 10:49 7 Okt 2023 10:49

Thumbnail Unik, Luminor Hotel Jemursari Hadirkan Cupcake Bermotif Batik Watermark Ketik
Chef pastry Luminor Hotel Jemursari, Agus Susanto saat menghias cupcake dengan motif batik. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Memeriahkan Hari Batik Nasional, Luminor Hotel Jemursari menghadirkan kudapan unik yakni cupcake dengan hiasan motif batik.

Untuk bahan cupcake ini tidak jauh berbeda dengan cupcake pada umumnya, yang membedakan hanya hiasan yang memiliki motif batik. Motif ini dibuat secara handmade oleh chef pastry dengan menggunakan coklat cair.

Chef pastry Luminor Hotel Jemursari, Agus Susanto mengatakan dalam membuat hiasan motif batik ini tantangan yang harus dihadapi adalah suhu yang harus sesuai. Hal ini terkait dengan sifat dari coklat yang jika suhunya terlalu panas maka akan terlalu cair dan sebaliknya jika terlalu dingin maka akan mengeras.

"Kalo membatik biasanya kan kita pake lilin ya, tapi kali ini kita pake coklat cair. Caranya sama dengan membatik seperti biasa cuma tintanya kita pake coklat," jelas Agus, Jumat (6/10/2023).

Agus menambahkan dalam membuat dekorasi batik ini dirinya dituntut untuk fokus dan teliti dalam membuat motif di atas sketsa yang telah dibuat sebelumnya. Selain itu penggunaan warna juga sangat diperhatikan agar dapat menghasilkan motif yang indah.

Foto Agus Susanto saat membatik menggunakan coklat cair yang telah diberi warna biru. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Agus Susanto saat membatik menggunakan coklat cair yang telah diberi warna biru. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

"Kita sebagai chef memang dituntut untuk kreatif ya. Membuat motif batik ini butuh kreatifitas dan ketelitian, terutama dalam memadukan warna-warna," tambahnya.

Melly Aruni, Marketing Communication Luminor Hotel Jemursari, menuturkan tidak hanya cupcake bermotif batik, pada kesempatan ini ia juga menghadirkan berbagai kegiatan seperti Batik Fashion Show dan Mini Display & Exhibition batik Probolinggo. 

Acara ini diselenggarakan untuk mengangkat citra batik sebagai warisan budaya bangsa Indonesia yang indah dan harus dijaga. Terlebih lagi kepada para generasi muda, ia berharap agar bisa menjaga kelestarian batik tanah air yang sudah diakui oleh UNESCO.

"Kita juga pengin memberikan informasi kepada orang-orang, bahwa batik itu gak cuma identik dengan orang tua atau acara formal. Tetapi batik bisa digunakan di berbagai kesempatan," tuturnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Hari Batik Nasional Cupcake Batik Kuliner Luminor Hotel Jemursari budaya Unesco