Tundukkan Uzbekistan, Jepang Juara Piala Asia U-23!

Jurnalis: Nata Yulian
Editor: M. Rifat

4 Mei 2024 05:57 4 Mei 2024 05:57

Thumbnail Tundukkan Uzbekistan, Jepang Juara Piala Asia U-23! Watermark Ketik
Timnas Jepang merayakan gelar juara Piala Asia U-23 (4/5/2024). (Foto: Ibraheem Al Omari/Reuters via Aljazeera)

KETIK, JAKARTA – Jepang keluar sebagai juara Piala Asia U-23 2024 usai mengalahkan Uzbekistan di final.

Jepang mengalahkan Uzbekistan dengan skor 1-0 pada final Piala Asia U-23 2024 yang digelar di Stadion Jassim bin Hamad, Jumat (3/5/2024) malam WIB.

Kedua tim bermain sama kuat hampir sepanjang pertandingan, namun pada menit pertama injury time babak kedua, Jepang memecah kebuntuan lewat Fuki Yamada.

Sang kapten, Joel Chima Fujita, melepaskan umpan untuk Ryotaro Araki. Dengan satu sentuhan lihai, Araki mem-back-heel bola tersebut ke arah Yamada.

Bintang Tokyo Verdy itu lalu membuka ruang tembak sebelum melepaskan tendangan deras yang tak tergapai kiper Abduvohid Nematov. Ini adalah gol pertama yang bersarang di gawang Uzbekistan sepanjang turnamen.

Pertandingan nampak akan segera berakhir dan publik Jepang sudah siap berpesta, tetapi wasit tiba-tiba berjalan menuju layar VAR.

Setelah meninjau tayangan ulang, Hiroki Sekine didakwa melakukan handball di kotak terlarang dan wasit pun menunjuk titik putih - penalti untuk Uzbekistan pada menit ke-97!

Umarali Rakhmonaliev, pemain pengganti, dipercaya sebagai eksekutor, menghadapi kiper tangguh milik Benfica, Leo Kokubo. Kokubo mampu menepisnya, dan pertandingan berakhir dengan kemenangan Jepang.

Dengan kemenangan ini, Jepang menjadi tim pertama dalam sejarah yang menjuarai Piala Asia U-23 lebih dari satu kali.

Sebelumnya, Samurai Biru muda menaklukkan Korea Selatan di final edisi 2016. Uniknya, ini menjadi kemenangan pertama Jepang atas Uzbekistan di kompetisi ini. Pada dua pertemuan sebelumnya melawan Tim Serigala Putih (pada 2018 dan 2022), Jepang selalu kalah tanpa bisa mencetak gol.

Sementara itu, kekalahan ini menjadi akhir yang antiklimaks bagi perjalanan nyaris sempurna Uzbekistan. Selalu menang tanpa kebobolan sampai ke final, Tim Serigala Putih mengulang catatan memilukan edisi 2022 dengan kalah di final.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jepang Uzbekistan juara Piala Asia U-23